Sukses

Sering Sakit Kepala

21 Nov 2014, 12:42 WIB
Pria, 16 tahun.

Saya sering sakit kepala dok...gejalanya : leher sakit,biasanya terjadi ketika kecapean (lari,mengangkat beban berat) atau ketika saya tiduran lalu bangun....kadang saya menahan sakitnya itu dengan memejamkan sebelah mata.....tolong pencerahan itu sakit kepala jenis apa dan cara mengobatinya....

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah mempercayakan masalah anda pada klikdokter.

Saya mengerti sakit kepala yang anda rasakan pasti membuat anda merasa sangat tidak nyaman. Sebelum menjawab pertanyaan anda, saya ingin melakukan konfirmasi.

- Apakah sakit kepala tersebut terasa berdenyut / ditusuk-tusuk?
- Apakah anda melihat kilatan cahaya atau kesemutan sebelum timbul sakit kepala
  (aura)?
- Apakah saat sakit kepala muncul disertai keluhan mual dan muntah?
- Sejak kapan anda mengalami hal ini?
- Pengobatan apa sajakah yang sudah anda lakukan untuk menghilangkan sakit
  kepala anda?
- Berapa kali anda mengonsumsi obat pereda sakit kepala yang beredar luas tanpa
  resep dokter?

Sakit kepala diklasifikasikan menjadi dua: sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer terjadi tanpa adanya kpenyakit yang mendasari, sedangkan sakit kepala sekunder merupakan gejala dari kondisi medis yang lebih serius. Yang termasuk dalam sakit kepala primer adalah sakit kepala tipe tensi (tension-type headache), migrain, dan cluster.

Gambaran klinis sakit kepala tipe tensi seringkali menyerupai migrain, namun sakit kepala tipe tensi tidak disertai aura, keluhan mual hingga muntah. Sedangkan sakit kepala tipe cluster umumnya terbatas pada sekitar mata, derajat berat hingga mata merah dan hidung seperti flu.

Idealnya perlu dilakukam evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebab sakit kepala anda, namun saya menduga sakit kepala yang anda rasakan merupakan sakit kepala tipe tensi. Tujuan terapinya adalah untuk menghilangkan gejala dan mencegah timbulnya sakit kepala kembali (rekurensi). Sakit kepala dapat diatasi dengan obat-obatan seperti ibuprofen atau asetaminofen, namun konsumsi obat penghilang rasa sakit terlalu sering justru dapat memicu timbulnya sakit kepala kronik. Oleh karena itu, akan lebih baik bila dikombinasikan dengan fisioterapi.

Lebih lanjut mengenai sakit kepala dapat anda baca di:

https://www.klikdokter.com/illness/detail/57

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (NO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar