Sukses

Tumbuh Daging dalam Lubang Gigi

21 Feb 2015, 23:16 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok,gigi saya kn berlubang,,dan dlm lubang gigi itu tumbuh kya daging tapi klo lecet keluar darah,,itu p c namanya dok,,,bahaya gk,,,dn harus diapain biar sembuh tp jgn pke jalan cabut gigi so aq pling tkut dcabut giginya,,,?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Daging yang terdapat di dalam gigi yang berlubang disebut dengan polip. Ada dua jenis polip yang dapat ditemukan pada gigi berlubang, yaitu gingival polip atau pulpa polip.

Keduanya memiliki ciri yang berbeda. Pulpa polip memiliki warna merah tua yang menandakan adanya vaskularisasi yang baik, dan sangat mudah berdarah. Sementara gingival polip memiliki warna pink / merah muda dan tidak mudah berdarah.

Keberadaan pulpa polip menandakan bahwa gigi tersebut masih berada dalam keadaan vital, dan masih berpeluang untuk diselamatkan dengan melakukan perawatan saluran akar terhadap gigi tersebut.

Namun bila yang ditemukan pada gigi berlubang merupakan gingival polip, maka tindakan selanjutnya adalah menentukan dari mana tangkai polip tersebut berasal. Bila tangkai polip berasal dari wilayah percabangan akar gigi maka hal ini menandakan bahwa telah terjadi perforasi pada bagian percabangan akar gigi yang menyebabkan gigi tidak dapat dipertahankan. sementara bilamana polip tersebut berasal dari gusi yang memasuki wilayah kavitas gigi karena dasar kavitas yang terletak lebih rendah dari ketinggian gusi, maka ada kemungkinan untuk menyelamatkan gusi tersebut dengan melakukan eliminasi pada polip tersebut dan dilanjutkan dengan penambalan gigi.

Untuk penanganan yang tepat bagi anda sebaiknya anda diskusikan dengan dokter gigi  karena beliau yang lebih mengerti kondisi kesehatan gigi anda dan tindakan apa saja yang diperlukan untuk menangani keluhan yang anda rasakan saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar