Sukses

Labioschizis

21 Nov 2014, 12:01 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, kandungan saya sekarang memasuki usia 34 minggu, pada saat saya USG usia 28 minggu, janin dalam kandungan saya dinyatakan "Labiochitiz" ada belah di bibir, namun untuk kondisi belahnya nanti menunggu proses lahiran, saya benar2 kaget mendengar berita itu, yang ingin saya tanyakan operasi seperti apa yang nantinya harus bayi saya jalani agar bisa normal seperti bayi pada umumnya, mohon info jika ada dokter dan rumah sakit yang bagus untuk penanganan operasi anak saya. Besar harapan saya dokter bisa berbagi info, terimakasih banyak dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami turut bersimpati atas kondisi yang dialami oleh calon bayi Anda. Labioschizis atau biasa disebut dengan bibir sumbing secara sederhana dapat diartikan sebagai adanya suatu celah. Contohnya pada bibir, jika terdapat celah pada bibir maka dikatakan bibir sumbing. 

Gejala klinis sangat bervariasi. Sumbing bibir juga diklasifikasikan menjadi unilateral (hanya sebelah / satu sisi) dan bilateral (melibatkan dua sisi bibir), serta lengkap dan tidak lengkap. Bibir sumbing tidak lengkapditandai oleh garis sumbing yang tidak mencapai dasar lubang hidung (nasal sill). Dalam hal ini nasal sill harus intak, dan bagian ini sering disebut sebagai Simonart’s band. Bibir sumbing lengkap melibatkan seluruh ketebalan bibir dan prosesus alveolaris (palatum primer), meluas menuju nasal sill dan tidak terdapat Simonart’s band, serta sering disertai sumbing palatum (sumbing langit-langit). Biasanya sebagai konsekuensi adanya bibir sumbing, hidung juga mengalami perubahan bentuk.

Saat paling optimal untuk melakukan operasi repair sumbing sebenarnya masih kontroversial. Beberapa pusat penanganan sumbing memilih melakukan operasi pada periode neonatus dini, dengan manfaat teoretis : kemampuan adaptasi penampakan jaringan parut lebih baik, sehingga meminimalisasikan kelainan hidung. Beberapa pusat penanganan sumbing yang lain, dengan alasan untuk meminimalisasikan resiko efek samping anestesi umum, bertahan dengan the rule of ten : yaitu melakukan operasi repair sumbing pada anak dengan berat badan 10 lb (5 kg), usia 10 minggu dan kadar hemoglobin darah 10 g. Secara umum, operasi perbaikan sumbing bibir dilakukan pada usia bayi 2 – 4 bulan; dengan begitu resiko efek samping anestesia lebih rendah, bayi sudah lebih kuat menghadapi stress operasi, serta ukuran elemen bibir sudah lebih besar sehingga rekonstruksi dapat dilakukan dengan lebih rapi dan akurat. Jika celah pada bibir sumbing lebar, terkadang diperlukan suatu alat orthodonti terlebih dahulu untuk menunjang keberhasilan operasi.

Hingga saat ini, penatalaksanaan untuk bibir sumbing yang paling optimal adalah dengan tindakan operasi. Tindakan operasi ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik atau bedah anak. Untuk itu kami menganjurkan Anda untuk nantinya memeriksakan anak Anda ke dokter terkait mengenai masalah ini. Untuk referensi dokter, Anda dapat melihatnya dari fitur pencarian cari dokter yang ada di halaman website kami 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar