Sukses

Susu vs Vaksin DPT

21 Nov 2014, 11:19 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mau tanya, bayi saya usia 2 bln abis imunisasi DPT 1. Saya lupa krn dia nangis terus saya langsung kasih susu formula buat minum. Apakah susu bisa merusak kandungan vaksin DPT? Saya meminumkannya 5 menit setelah imunisasi dok. Terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tidak ada bukti ilmiah di dunia medis bahwa minum susu setelah pemberian vaksinasi DPT dapat merusak kandungan vaksin DPT. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. 

Yang perlu diperhatikan adalah apakah anak Anda demam setelah diimunisasi. Karena biasanya efek samping dari pemberian vaksin DPT adalah demam. Namun vaksinasi DPT yang menimbulkan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) demam, tidak masalah, selama tetap dalam pemantauan dokter. Demam yang lebih tinggi dari biasanya dapat terjadi bergantung pada kondisi masing-masing anak. Biasanya dokter akan memberikan obat penurun demam untuk mengatasi demam yang terjadi pada anak Anda. Yang penting diawasi KIPI-nya, bila panas hanya sebentar dan reda dengan pemberian antipanas tidak bermasalah. Namun bila panas menjadi berkepanjangan (jarang) misalnya hingga 3-4 hari disertai dengan keluhan lain, maka perlu dibawa ke dokter untuk diperiksa apakah demam terjadi karena sebab lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar