Sukses

Terlambat Imunisasi Pnemokokus
04 Mar 2015, 14:24 WIB
Wanita, 29 tahun.

Pagi dokter, sy mau tanya ttg imunisasi. anak sy skrng usia 2 th. sy ambil imunisasi pnemokokus sudah 3x sesuai usia yg dianjurkan & yg terakhir blm sy berikan krn kmrn ada habatan biaya. Boleh gak sy ambilkan di usianya sekarang? ato apa ada efek samping dari terlambatnya pemberian imun nya? makasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Jarak imunisasi pneumokokus menurut jadwal imunisasi dari IDAI adalah 2 bulan. Imunisasi tersebut diberikan 4 kali. Dalam jadwal imunisasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), vaksin ini termasuk dalam vaksin yang dianjurkan, bukan diwajibkan. Jadwal pemberiannya adalah pada usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dan 12-15 bulan. Namun, pada anak yang belum mendapatkan vaksin usia lebih dari atau 1 tahun, diberikan 2 kali dengan jarak 2 bulan. Sedangkan pada anak usia 2-5 tahun diberikan 1 kali. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda mengenai vaksinasi lanjutan untuk mengejar ketertinggalan (catch up).

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar