Sukses

Vaksinasi Cacar Air

21 Nov 2014, 15:55 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok hari ini adik saya muncul merah2 tanda varicella. Saya blm pernah terkena cacar. Saya sering bertemu adk saya. Apakah sy bs mencegah supaya tidak tertular? Saya tidak tau apa sudah tertular atau belum, bisa juga saya sedang masa inkubasi. Jika saya vaksin sekarang apakah bisa mencegah munculnya cacar? Apa yang harus saya lakukan agar tidak tertular dok? Apakah vaksin justru memperentan karena saya terpapar dg pasien cacar? perlu diketahui saat ini saya sedang flu dan status imun saya sedang rendah.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Vaksinasi berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap paparan virus. Jika sudah divaksinasi bukan berarti kita tidak akan terapapar virus tesebut, kemungkinan terpapar masih ada namun gejala yang akan ditimbulkan akan lebih ringan.

Masa inkubasi virus varicella zooster adalah 10-21 hari jadi setelah terinfeksi oleh virus, maka gejala cacar air dapat muncul 10-21 hari kemudian.

Salah satu kontraindikasi (larangan) pemberian vaksin cacar air adalah apabila sedang menderita sakit sedang/berat yang dapat disertai atau tidak disertai demam. Apabila hanya sakit ringan seperti flu maka tidak masalah untuk diberikan vaksin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar