Sukses

Perbedaan Hipertiroid dan Kanker Tiroid

20 Nov 2014, 11:01 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya adalah penderita Tiroid sejak 1 tahun yang lalu. Saya sengaja periksa di 2 Rumah Sakit yang berbeda hanya untuk perbandingan. Disalah satu RS mengatakan bahwa saya Hipertiroid, namun di RS lainnya mengatakan saya Kanker Tiroid Stadium 1. Persamaannya kedua Dokter mengatakan saya tidak diperbolehkan Operasi pengangkatan Tiroid. Pertanyaan saya, apa perbedaan Hipertiroid dan Kanker Tiroid untuk lebih jelasnya? Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh sekaligus mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme.

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium.

 

Hipertiroid merupakan manifestasi atau gejala yang timbul akibat kelenjar tiroid yang hiperaktif.  Terdapat beberapa penyebab hipertiroid, yaitu:

  1. Penyakit graves (tersering)
  2. Adenoma toksik
  3. Karsinoma tiroid
  4. Gondok multinodusa toksik
  5. Tiroiditis subakut
  6. Obat (yodium, litium), dsb

Prinsip pengobatan pada pasien hipertiroidisme tergantung dari penyebab hipertiroidisme tersebut, usia pasien, riwayat alamiah perjalanan penyakit, tersedianya terapi atau tidak, risiko pengobatan, dsb. Diperlukan diskusi dan kerjasama yang baik antara dokter dan pasien agar mendapatkan hasil yang optimal. Kelompok besar pengobatan hipertiroidisme sendiri dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Obat anti tiroid minum (tirostatika)
  2. Operasi (Tiroidektomi)
  3. Penggunaan zat radioaktif (yodium radioaktif)
Sedangkan kanker tiroid merupakan kanker yang terdapat pada kelenjar tiroid. Salah satu gejalanya dapat berupa peningkatan hormon tiroid atau hipertiroid. Sehingga sebetulnya hipertiroid merupakan suatu gejala dari bermacam penyakit. Gejala kanker tiroid sendiri bisa beragam misalnya kesulitan menelan, batuk, suara serak serta pembesaran kelenjar tiroid. Untuk itu memang diperlukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang lebih lanjut untuk mengetahui diagnosis Anda. Kami tidak dapat mendiagnosis maupun menentukan terapi untuk Anda karena tidak melihat dan memeriksa secara langsung kondisi Anda. 
 
Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam konsultan onkologi guna penanganan lebih lanjut. 
 
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu dan semoga Anda lekas sembuh. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar