Sukses

Batuk Berdahak Disertai Darah

20 Nov 2014, 09:29 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, saya ditengah malam tiba2 batuk berdahak dengan darah yg banyak dan ini kali ketiga terjadi, kenapa ya dok ini terjadi? Apa saya perlu periksakan ini ke ahli penyakit dalam atau THT?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Batuk atau lebdir yang berdarah saat batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya luka lecet pada saluran pernafasan akibat batuk yang terlalu dipaksa, beberapa penyakit seperti flek pada paru (yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis), apabila anda perokok dapat disebabkan oleh peradangan pada paru atau saluran pernafasan. 

Pada daerah endemis seperti di Indonesia, banyak sekali yang terinfeksi oleh Tuberculosis atau serign disebut flek. Ada beberapa gejala yang sering muncul bersamaan yaitu, keringat di malam hari, berat badan yang susah naik, batuk yang cukup lama, serta berkurangnya nafsu makan dan anggota keluarga atau tentangga yang terkena penyakti flek. 

Yang saya anjurkan adalah apabila Anda merokok tolong untuk diberhentikan, konsumsi telur, konsumsi air putih yang banyak, berjemur dan yang paling penting adalah periksakan diri Anda ke dokter spesialis paru-paru atau penyakit dalam untuk diperiksa lebih lanjut keadaan anda. Mungkin saja Anda memerlukan pemeriksaan Xray dada Anda. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar