Sukses

Batuk dan Sesak Napas

21 Nov 2014, 14:15 WIB
Pria, 21 tahun.

Kalau kita batuk dan agak sesak bernafas itu gejala apa ia dok? Kalau kita cek kesehatan kerumah sakit itu harus biaya mahal gak dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Apakah napas Anda berbunyi ngik-ngik?  Apakah batuk yang Anda rasakan kering atau berdahak? Kapan sajakah keluhan ini muncul? Apakah Anda merokok?

Bila napas Anda berbunyi ngik-ngik, bisa jadi Anda merupakan salah satu penderita asma. Bunyi berasal dari penyempitan saluran pernapas yang biasanya disertai juga dengan gejala sesak napas, karena udara pada saluran yang sama tidak dapat mengalir dengan lancar.

Seseorang dicurigai menderita asma apabila mengalami gejala batuk dan/atau mengi secara berulang pada malam hari, musiman atau setelah beraktivitas. Dugaan akan semakin menguat apabila terdapat riwayat asma dan/atau alergi pada penderita atau keluarganya. Gunakan pakaian tidur yang hangat, dan selimut dengan bahan kain tanpa bulu halus pada malam hari untuk membantu meminimalisasi serangan.

Sedangkan apabila kondisi Anda batuk berdahak dalam jangka waktu yang lama merupakan salah satu tanda adanya radang saluran pernapasan atau bronkitis. Kebiasaan merokok dan polusi udara merupakan beberapa faktor pemicu timbulnya penyakit ini. Bila tidak segera diatasi, penderita bisa mengalami perburukkan penyakit hingga mengalami gangguan jantung. Oleh karenanya kondisi ini harus segera diobati.

Berikut adalah gejala bronkitis kronis yang patut Anda ketahui :

  • Batuk berdahak yang memburuk pada pagi hari, dalam jangka waktu lebih dari 3 bulan
  • Napas pendek
  • Napas semakin berat saat beraktivitas
  • Sesak
  • Demam
  • Rasa tidak nyaman di dada
  • Infeksi saluran napas (flu) berulang.

Bila tidak segera diatasi, serangan bronkitis kronik akan sering berulang dan bertambah parah. Apalagi bila penderita adalah perokok. Paparan asap rokok, daya tahan tubuh yang rendah, sakit mag, dan paparan bahan-bahan iritan di tempat kerja meningkatkan risiko bronkitis dan kekambuhan penyakit itu hingga menjadi Penyakit Pernapasan Obstruktif Kronis (PPOK).

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter agar dapat dilakukan wawancara medis, pemeriksaan medis maupun penunjang untuk memastikan diagnosa. Biaya sangat bervariasi dan bergantung dengan jenis rumah sakit yang Anda tuju, untuk itu kami sarankan Anda untuk langsung menghubungi rumah sakit yang bersangkutan untuk informasi lebih detil.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar