Sukses

Sakit Gigi Hingga Ke Telinga

04 Mar 2015, 10:57 WIB
Wanita, 25 tahun.

Halo dokter, Saya yessi. Pada sabtu pagi tgl 15 november 2014 gigi saya terasa nyut-nyutan. Gigi saya berlubang di geraham bawah depan sebelah kanan. Dan ini "serangan" pertama. Pada sabtu malamnya saya konsumsi cataflam500mg satu butir namun saya masi bisa menguyah di area yg sakit tersebut. Bsk paginya sakitnya blm berkurang. Saya minum lagi cataflam trsbt. Siang nya sakitnya mereda namun Malam harinya sakit nya kembali lagi. Sakitnya kali ini lbh hebat,sehingga saya tidak bisa lagi mengunyah dikarenakan akan terasa sangat sakit luar biasa apabila gigi beradu. Saya putuskan untuk konsumsi ponstan. Setelah konsumsi ponstan,sakitnya mereda. Pagi harinya sakitnya kembali lagi. Namun hanya sebentar saja setelah kemudian saya konsumsi ponstan lagi. Malam harinya saya putuskan untuk konsumsi prolic300mg dan mefinal300mg. Namun sakit blm reda jg. Bsk paginya selasa 17 november 2014,saya pergi ke dokter gigi untuk konsultasi. Dokter menyarankan perawatan akar gigi kemudian d tambal. Namun saya tidak mau krn masih bisa berpotensi sakit kembali. Siang nya Saya putuskan untuk d cabut. Dokter kemudian mengebor gigi saya yg sakit untuk membersihkan kedalam lubang gigi saya. Setelah d bersihkan sakitnya agak berkurang. Dokter memberikan resep clindamicyn150mg dan asam mefamat500mg. Dan 3hr kemudian balik lagi setelah sakitnya hilang untuk kemudian di cabut. Namun malam harinya sakit nya kumat lagi. Bahkan kali ini seluruh gigi bagian kanan saya terasa sakit. Ke esokan harinya sakitnya bahkan sampai ke telinga dan ke pelipis saya. Yg ingin saya tanyakan,apa yg terjadi dengan gigi saya? Mengingat sakitnya sudah sampai ke telinga Terimaksih sebelumnya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih anda telah menggunakan layanan e - konsultasi

Kami memahami rasa tidak nyaman yang Anda rasakan. Kami berasumsi bahwa gigi anda mengalami irreversible pulpitis. Ini merupakan peradangan pada jaringan pulpa yang biasanya ditandai dengan rasa sakit pada gigi yang timbul secara spontan (tanpa didahului oleh rangsangan apapun) dan dapat mengganggu aktifitas bahkan mengganggu tidur malam.

Penjalaran rasa sakit yang anda rasakan hingga ke bagian telinga dan pelipis mungkin dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut. Gigi dipersarafi oleh saraf kranial ke lima yang dimanakan saraf trigeminus. Saraf ini memiliki 3 cabang dan percabangan tersebut terjadi di daerah sekitar telinga. Oleh karena itu, ketika terjadi infeksi pada gigi, ada kemungkinan terjadi persebaran rasa nyeri hingga ke wilayah telinga dan (mungkin) pelipis karena kedua struktur tersebut saling berdekatan.

Pada keadaan seperti ini dokter perlu melakukan evaluasi terhadap kondisi jaringan gigi yang tersisa. Bila gigi tersebut masih memungkinkan untuk dipertahankan (jaringan sehat gigi yang tersisa mampu mempertahankan restorasi akhir setelah perawatan gigi terselesaikan), maka dokter akan melakukan perawatan gigi tersebut. Namun bila kerusakan jaringan gigi sudah sedemikian berat, maka pencabutan gigi akan menjadi solusi yang lebih baik, dilanjutkan dengan pembuatan gigi tiruan untuk mengembalikan fungsi pengunyahan.

Segeralah ke dokter gigi guna mendapatkan pertolongan dan  Perawatan.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar