Sukses

HIV, Melahirkan dan Menyusui

21 Nov 2014, 20:18 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok mau tanya kalàu seorang ibu melahirkan,Biasañya kan tes darah terlebih dahulu,apa pada tes darah itu kita bisa mengetahui kalau terkena HIV/tidak nya? Dan apakah akan tertular pada anak yg disusui ASI nya? Dan biasanya berapa lama kita bisa mengetahui seseorang terkena HIV/tidak

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

HIV (Human Imunodeficiency Virus) merupakan suatu infeksi virus yang dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh dengan mengahancurkan sel darah putih khusus untuk pertahanan tubuh. AIDS merupakan penyakit akibat virus HIV. HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Gejala awal umumnya tidak spesifik berupa demam, sakit kepala, penurunan berat badan, gejala mirip sakit flu. Namun pada tahap lanjut akan terjadi infeksi pada berbagai organ seperti otak, paru dan organ lain.

Untuk mengetahui apakah seseorang menderita HIV diperlukan adanya data wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksan darah. Hingga saat ini status HIV seseorang tidak dapat diketahui hanya dengan melihat kondisi mulutnya saja, kendati penderita HIV sering mengeluhkan sariawan yang terus kambuh. HIV dapat terdeteksi dengan tes darah dengan cara mendeteksi adanya antibodi HIV di dalam sample darahnya. Tes darah yang dilakukan adalah Tes ELISA dan Western Bolt. Antibodi biasanya dapat dideteksi sekitar 3-8 minggu setelah terinfeksi. Masa ini disebut periode jendela (window period). Dalam masa seperti ini, bisa saja seseorang mendapatkan hasil tes negatif karena antibodinya belum terbentuk sehingga belum dapat dideteksi , tapi jika iya memang mengidap HIV dan sudah mampu menularkan virus.

Berikut kami lampirkan artikel yang dapat menambah informasi Anda:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar