Sukses

Bisakah Hamil Jika Sperma Dimasukkan Dengan Tangan

19 Feb 2015, 21:54 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat siang, saya mau tanya. Bila sperma pria dimasukan kedalam vagina wanita dengan tangan, apakah bisa mengakibatkan kehamilan?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pertama mari kita samakan persepsi tentang kehamilan terlebih dahulu. Kehamilan dimulai dari konsepsi, yaitu persatuan antara sperma dan ovum/sel telur. Konsepsi dapat terjadi apabila seorang wanita sedang berada pada saat subur, dimana sel telur dikeluarkan oleh ovarium. Selain itu, sperma pun harus dapat terus "berjalan" menghampiri sel telur. Jika proses ini tidak berlangsung dengan lancar, persatuan sperma dan ovum juga tidak dapat terjadi.

Jadi bagaimanapun caranya sperma itu masuk kedalam rahim wanita, jika memang disaat masuk tersebut wanita sedang dalam masa subur, maka akan mempunyai peluang untuk kehamilan. Hanya saja tentunya kesempatan untuk hamil tersebut akan lebih kecil ketimbang sperma yang disemburkan langsung kedalam rahim wanita.

Pertanyaannya sekarang kapankah saat subur seorang wanita? Saat subur adalah ketika sel telur dikeluarkan oleh ovum, dan setiap wanita memiliki waktu yang berbeda-beda, namun jika siklus menstruasi teratur, saat subur kurang lebih terdapat pada kisaran dua minggu sebelum menstruasi selanjutnya, jadi coba fokuskan hubungan pada saat tersebut jika Anda menginginkan adanya kehamilan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar