Sukses

Apakah Psikologis Ibu Hamil Dapat Mempengaruhi Tumbuh Kembang Janin
24 Feb 2015, 21:30 WIB
Wanita, 27 tahun.

Apakah psikologis ibu hamil dapat mempengarui tumbuh kembang janin ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Faktor psikologis ibu tentunya dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin. Kondisi janin dalam kandungan sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan hidupnya, yaitu seberapa jauh ibunya memiliki taraf kesehatan, kebiasaan dan perilaku yang baik atau tidak. Kondisi fisiologis dan psikologis yang baik akan membuat individu tumbuh-berkembang sebagai orang yang sehat, cerdas dan kompeten. Sebaliknya, kondisi yang tak menguntungkan atau buruk (penuh konflik suami-istri, ibu dalam keadaan sakit, memiliki kebiasaan merokok atau narkoba) maka bayi akan dilahirkan memiliki risiko gangguan fisik, gangguan mental atau gangguan perilaku di masa perkembangan berikutnya.

Selain itu, faktor-faktor yang juga mempengaruhi perkembangan prenatal adalah:

  • Kesehatan Ibu

Penyakit yang diderita ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan masa prenatal. Apalagi penyakit tersebut bersifat kronis, seperti kencing manis, TBC, radang saluran kencing, penyakit kelamin, dan sebagainya, dapat mengakibatkan lahirnya bayi-bayi yang cacat. Besarnya dampak ibu hamil terhadap perkembangan masa pra-natal juga terlihat jelas ketika ibu menderita sindrom kehilangan kekebalan tubuh, yang lebih dikenal dengan sebutan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). AIDS adalah penyebab utama kematian peringkat kedelapan di kalangan anak-anak dari usia 1 hingga 4 tahun pada tahun 1989.

Setidaknya ada 3 cara ibu hamil yang menderita AIDS yang menginfeksi pada anaknya : 1) selama hamil, melalui ari-ari, 2) selama melahirkan, melalui kontak dengan darah atau cairan ibu, 3) setelah melahirkan, melalui air susu.

  • Gizi Ibu

Faktor lain yang cukup berpengaruh terhadap perkembangan pada masa prenatal adalah gizi ibu. Hal ini karena janin yang sedang berkembang sangat tergantung pada gizi ibunya yang diperoleh dari darah ibunya. Oleh sebab itu, makanan ibu hamil harus mengandung cukup protein, vitamin, lemak, dan karbohidrat untuk memjaga kesehatan bayi. Anak-anak yang dilahirkan dari ibu yang kekurangan gizi cenderung cacat.

  • Pemakaian Bahan-bahan Kimia oleh Ibu

Bahan-bahan kimia yang terdapat pada obat-obatan atau makanan yang ada pada peredaran darah ibu hamil, dapat mempengaruhi perkembangan janin. Bahan-bahan kimia tersebut dapat menimbulkan efek samping, baik pada fisik maupun pada sistem kimiawi dalam tubuh janin, yang dinamakan metabolite. Bahan- bahan kimia juga dapat mempengaruhi lingkungan di dalam rahim ibu yang secara tidak langsung juga mempengaruhi janin.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar