Sukses

Berciuman Ketika Mengalami Sariawan

21 Feb 2015, 23:24 WIB
Wanita, 21 tahun.

sore dok,saya mau tanya berciuman ketika mengalami sariawan bahaya gak sih dok sebenarnya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Luka-luka di rongga mulut ketika sariawan bisa saja jadi pintu masuk penyakit yang terdapat dalam air ludah dan menjadi risiko penularan penyakit saat sariawan melalui ciuman

Dengan ciuman bibir  bisa menjadi pemicu penularan penyakit, misalnya;

  1. Radang tenggorokan. Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus atau bakteri. Perpindahan penyebab radang juga bisa berpindah lewat air ludah saat ciuman. Radang tenggorokan membuat penderitanya mengalami sakit saat menelan dan area tenggorokannya membengkak. Biasanya penyakit ini sembuh sendiri saat sistem kekebalan tubuh menguat.
  2. Hepatitis. Penyakit ini cukup serius karena menyerang fungsi liver. Liver sangat penting dalam pengeluaran dan penetralan racun tubuh. Virus hepatitis dapat berpindah tempat saat orang yang berciuman memiliki luka, sekalipun sangat kecil. Virus masuk ke pembuluh darah lalu menginfeksi liver.
  3. HIV. Cara HIV menular juga seperti hepatitis. Diperlukan adanya luka mikro untuk perpindahan virus  dari penderita ke orang yang tertular. Ciuman bibir yang pelakunya memiliki luka di dalam rongga mulut sangat mungkin tertular.
  4. Infeksi saluran pernapasan. Penyakit yang mengganggu pernapasan dari penyebab bakteri maupun viirus dengan mudah dapat berpindah tempat melalui ciuman bibir. Berciuman dengan orang yang mengalami sakit pilek atau batuk, misalnya, cukup berisiko mengalami penularan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar