Sukses

Robeknya Selaput Dara

25 Feb 2015, 10:27 WIB
Wanita, 20 tahun.

dokter, saya ingin nanya, maaf sebelumnya, apakah memasukkan jari pada lubang vagina bisa menyebabkan robeknya selaput dara? terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda & telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.
 
Memasukkan jari kedalam liang vagina, baik oleh diri sendiri maupun oleh pasangan seksual pada umumnya dapat merobek selaput dara. Untuk itu, memang tidak dianjurkan untuk melakukan hal tersebut, baik dengan tangan, maupun benda lain, terutama jika Anda belum menikah.

Sebenarnya istilah hilangnya keperawanan atau "tidak virgin" dalam masyarakat kita lebih dikaitkan dengan pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya sobek atau tidak. Karena ternyata pada  wanita muda, selaput dara (hymen) yang merupakan selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam).

Perlu diingat bahwa robekan pada selaput dara tidak harus selalu diakibatkan oleh hubungan seksual. Karena strukturnya yang tipis, penggunaan tampon dan olahraga berat juga dapat menyebabkan robekan pada selaput dara.
 
Demikian yang dapat kami sampaikan, terimakasih atas perhatiannya.
 
Semoga bermanfaat.
 
Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar