Sukses

Bahan Kosmetik Penyebab Kanker Kulit

25 Feb 2015, 20:37 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat pagi dok, dok saya mau tanya bahan yang terkandung di kosmetik yaitu methyl paraben, stenic acid, pearl powder, fragrance, dan potasium hydroside adakah yang bisa menyebabkan kanker pada kulit ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

FDA dan EPA telah mengeluarkan daftar zat  dan bahan kimia yang dilarang karena penyebab kanker dan digunakan sebagai bahan untuk kosmetik. 

Sejalan dengan hal ini, US Environmental Protection Agency atau EPA menyediakan daftar yang disebut Toxic Substances Control Act (TSCA) Persediaan Zat Kimia. 5 zat berbahaya dibahas dalam artikel ini didasarkan pada daftar bahan kimia karsinogenik yang diteliti oleh sebuah organisasi independen yang disebut "Campaign for Safe Cosmetics" (CSC).

Berdasarkan Anda perlu menJauhi kosmetik yang mengandung bahan kimia berikut :

1. Phthalates
Dibutylphthalate (DBP) atau butil ester merupakan bahan yang paling sering dipakai dalam produk perawatan kulit karena bisa membantu kulit menyerap produk dengan baik. Hasilnya pun terasa lebih cepat. Namun ternyata, DBP telah diklasifikasikan oleh US Environmental Protection Agency sebagai bahan yang bisa menyebabkan kanker. Walaupun demikian, masih banyak produsen kosmetik yang menjual make-up dengan kandungan tersebut.

2. Sodium Lauryl Sulphate
Bahan kimia ini biasanya terkandung dalam produk pembersih wajah. Fungsinya membersihkan lapisan minyak serta menyegarkan kulit. Namun, Sodium dapat membuat kulit menjadi rentan terhadap kotoran, wajah bisa berlubang dan kasar. Maka dari itu, sebaiknya hindari produk pembersih wajah yang mengandung Sodium Lauryl Sulphate.

3. Synthetic Perfumes
Hanya karena aromanya harum, Anda tidak memperhatikan kandungan dari produk kosmetik. Synthetic Perfumes bisa menyebabkan pusing, sakit kepala, dan reaksi lain yang serupa. Umumnya, Synthetic Perfumes terdapat dalam produk perawatan kulit yang dijual lebih murah untuk menarik pembeli.

4. Cocoamide Dea Tea
Cocoamide atau diethylalomine biasanya terkandung dalam shampo dan pelembab wajah. Penelitian menunjukkan bahan ini bisa menghambat penyerapan kolin (suatu zat yang termasuk dalam vitamin B) untuk perkembangan fungsi otak. Selain itu, Cocoamide dapat menimbulkan jerawat, gatal, serta alergi jangka pendek.

5. Petrochemicals
Beberapa produk yang kecantikan kulit mengandung bahan petrochemicals. Mungkin Anda berpikir jika bahan ini bisa membuat kulit tampil menawan. Akan tetapi, menurut penelitian, produk dengan kandungan ini dapat menyebabkan masalah ginjal, saraf, kerusakan pada otak, dan anemia jangka panjang. Studi dilakukan pada sekelompok tikus dan hasilnya beberapa hewan menderita bahkan mati sebelum studi tersebut selesai. Oleh karena itu, hati-hati menggunakan kosmetik untuk kulit, terutama yang berwarna, seperti Blue C No 1 atau FD.

Setelah Anda mengetahui bahan apa yang akan mempengaruhi kesehatan, Anda bisa berhati-hati ketika memilih kosmetik yang akan digunakan. Baca kandungan secara seksama sebelum Anda terjebak dalam masalah yang lebih besar.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar