Sukses

Gigi Geraham Bungsu Impaksi ?

19 Nov 2014, 12:04 WIB
Pria, 34 tahun.

Gigi saya mengalami karies..pada saat saya periksakan ke dokter gigi untuk dibersihkan karang gigi..dokter menyarankan untuk mencabut terlebih dahulu gigi saya yg tumbuh tdk sempurna di bag bawah ujung kanan dan kiri..apakah operasi pencabutan gigi tersebut berbahaya buat saya mengingat posisinya yg terselip di ujung gigi...tambahan informasi kl gigi yg diujung td sering sakit, ukurannya setengah gigi normal dan kadang menambah bau tdk sedap mulut saya...terimakasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan paparan yang Anda berikan keadaan ini mengarah pada gigi geraham bungsu yang mengalai gangguan pertumbuhan atau impaksi. Gigi geraham bungsu atau molar tiga tumbuh paling akhir dan terletak paling belakang.  Sangat banyak kasus-kasus gigi molar tiga tumbuh bermasalah seperti terhalang tulang (impaksi) atau tumbuh dengan posisi yang tidak benar seperti miring dan lainnya. Pada sebagian besar kelainan pertumbuhan menyebabkan timbulnya rasa sakit luar biasa hingga tidak dapat membuka mulut, atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali. Terdapat juga gigi molar tiga  yang hanya tumbuh sebagian sehingga gusinya juga terbuka sebagian dan membentuk celah. Adanya celah ini menyebabkan makanan mudah terjebak dan sulit  dibersihkan hingga seringkali gusi di daerah mahkota gigi yang baru tumbuh sebagian tersebut bengkak dan sakit sekali atau menimbulkan bau, seperti keadaan yang Anda alami.

Hingga saat ini masih terdapat perdebatan di antara para ahli, apakah gigi molar tiga yang impaksi (gigi geraham bungsu yang tidak dapat tumbuh secara normal) tanpa keluhan seperti pada kasus Anda perlu dicabut atau dibiarkan saja. Menurut suatu penelitian, sekitar 25-70 persen gigi molar tiga tanpa gejala yang dipertahankan, akhirnya tetap harus dicabut dikemudian hari. Dari penelitian lain menyatakan gigi molar tiga yang dicabut tidak akan menimbulkan masalah danpasien akan tetap memiliki fungsi pengunyahan yang normal.

Walaupun persentase kejadiannya rendah, kista atau tumor dapat tumbuh di sekitar gigi molar tiga yang terbenam dalam gusi dan tulang yang tidak diambil. Oleh karena itu pertimbangan pencabutan gigi molar tiga yang tidak disertai gejala apapun terkadang didasarkan atas pertimbangan pencegahan. Meski demikian operasi pencegahan ini belum menjadi kesepakatan secara umum di kalangan ahli bedah mulut. Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin, hingga apabila terjadi sesuatu dapat terdeteksi sedini mungkin.

Berikut artikel terkait pertanyaan Anda yang dapat dibaca, Impaksi Molar Tiga

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar