Sukses

Susu Untuk Diabetes dan Sakit Punggung

24 Nov 2014, 15:18 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok.. ayah saya berusia 55th dia mempunyai penyakit diabetes.. bolehkah penderita diabetes mengkonsumsi susu anlene utk mengurangi sakit punggung

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada prinsipnya, konsumsi susu yang diperbolehkan adalah susu yang memiliki indeks glikemik rendah dan kadar lemak rendah. Sebelum mengonsumsi, perhatikan label dan kandungan nutrisi yang tertera pada kemasan susu tersebut. Perhatikan pula rasa susu. Susu coklat dan vanilla memiliki kadar gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu tanpa rasa. Jika ragu, Anda dapat menghubungi layanan konsumen yang tertera pada kemasan untuk memastikan kandungan nutrisi susu tersebut.

Asupan makanan dan minuman juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori per hari. Makanan dianjurkan seimbang dengan komposisi energi dari karbohidrat 45-65%, protein 15-20%, dan lemak 20-25%, disertai vitamin, mineral, dan serat dalam jumlah yang cukup.

Sementara itu mengenai sakit punggung, sudah berapa lamakah keluhan tersebut dialami ayah Anda? Ada dua jenis sakit punggung, yaitu sakit punggung akut dan sakit punggung kronik. Jenis sakit punggung ini berlangsung selama 6-8 minggu. Kondisinya ditandai oleh sakit yang pedih atau ngilu, yang dengan mudah dapat diketahui titik sumber sakitnya oleh penderita dan biasanya terasa di punggung bagian bawah. Rasa sakitnya bisa jadi terus menerus atau tiba-tiba. Biasanya penyebab sakit punggung karena cedera yang dialami penderita.

Sakit punggung kronik ditandai oleh durasinya yang lebih dari dua bulan. Keluhan pasien dapat berupa nyeri di bagian dalam, merasa terbakar, atau ngilu yang dapat diketahui lokasinya atau kadang-kadang juga terasa menyebar turun ke tungkai/kaki. Sensasi gatal atau kekakuan dapat juga terasa, hal ini menunjukkan, adanya keterlibatan saraf. Kondisi ini dapat berdampak pada aktivitas sehari-hari dan cenderung menjadi sulit untuk ditangani dengan pilihan pengobatan biasa.

Sakit punggung dapat timbul dari kulit, otot, saraf, tulang belakang, atau organ lain yang dekat dengan punggung. Sebagai dampaknya, sakit punggung bisa saja tidak selalu karena masalah pada punggung itu sendiri. Beberapa penyebab sakit punggung diantaranya:

  • Postur tubuh yang salah
  • Trauma/cedera
  • Gangguan persarafan tulang belakang
  • Tulang belakang yang kurang selaras
  • Osteoporosis
  • Stenosis tulang belakang (penyempitan saluran tulang belakang)
  • Tumor tulang
  • dan masih banyak lagi

Untuk memperoleh pengobatan yang tepat, diperlukan identifikasi penyebab sakit punggung tersebut. Kami sarankan ayah Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Sementara itu hindari mengangkat beban berat, gunakan sandaran saat duduk, berbaring dengan menaruh bantal di bawah lutut atau menyamping dengan menaruh bantal di antara lutut, dan tetap beraktivitas ringan seperti biasa agar otot tetap terlatih.

 
Berikut artikel terkait yang dapat menambah informasi Anda:
 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar