Sukses

Anak Sering Bisulan

25 Feb 2015, 16:01 WIB
Pria, 34 tahun.

Slmt siang dok, saya ingin bertanya ttg alergi anak. Anak saya skg kelas 1 SD umur 6 thn, sejak 2 bln terakhir dia 3 kali kena bisul. Pertama bisul di lengan kanan & disekitar bisul membengkak, stlh diberi salep hitam setiap hari (saran dr toko obat), bisulnya perlahan pecah sampai akhirnya sembuh. Kedua kena bisul lg di mata kiri sampai matanya bengkak sebelah, setelah dibawa ke dokter diberi obat makan & salep, perlahan mulai sembuh. skg kena lagi, bisulnya blm kelihatan & bibir sblh atas membengkak, kata anak saya yg sakit di pinggir lobang hidung. Yg ingin saya tanyakan: 1. Apakah ini bisul atau apa dok? 2. Apa penyebabnya dan bgm cara mengobatinya? 3. Mhn saran apa yg hrs saya lakukan utk menjaga agar penyakitnya tdk kambuh lagi? 4. Apakah ada hubungannya dgn makanan? Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Penyembuhan bisul tergantung ukuran dan keparahan bisul. Jika bisul masih kecil, maka bisa digunakan salep antibiotik. Namun jika sudah besar membentuk abses maka harus diinsisi dan dikeluarkan nanahnya. Untuk mengobati suatu penyakit diperlukan pemeriksaan menyeluruh terlebih dahulu.

Demikian pula dengan keluhan anak anda saat in. Untuk memastikan penyebab bengkak pada daerah sekitar bibir dan hidugnnya dibutuhkan informasi lanjut.

Saran kami, anda memeriksakan anak anda kepada dokter terdekat lebih dahulu. Dengan dilakukan pemeriksaan fisik maka dokter akan melihat langsung kondisi yang Anda alami dan mungkin saja dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan hingga terbentuk suatu diagnosis dan dapat diberikan pengobatan lebih lanjut. Jika penyebab sudah diketahui, maka penanganan yang tepat dapat diberikan agar hasil menjadi optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar