Sukses

Mengatasi Bulu Mata Yang Tumbuhnya Ke Dalam Mata

25 Feb 2015, 20:40 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau bertanya , bagaimana cara mengatasi bulu mata yang tumbuhnya kedalam mata? Semenjak saya tidur miring kekanan bulu mata saya arahnya masuk kedalam .(seperti mata anak balita ). Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pertumbuhan bulu mata ke arah bola mata dalam istilah medis dikenal sebagai trichiasis. Penyebabnya antara lain kondisi mta yang disebut sebagai entopion (kelopak mata melipat ke dalam), infeksi kronis kelopak mata maupun trauma pada kelopak mata. Trichiasis menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi berulang pada mata. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kornea mata.

Gejala Trichiasis:

  • mata merah, nyeri, berair
  • iritasi kronis pada mata
  • silau bila melihat cahaya

Pelumas seperti air mata buatan atau salep mata dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh iritasi. Untuk penanganan sementara dapat dengan mencabut bulu mata (epilasi) namun sayangnya bulu mata akan kembali lagi dalam waktu kurang lebih 4 minggu. Pemilihan lain adalah dengan melakukan pencabutan bulu mata secara permanen dapat menggunakan teknik radiofrekuensi, bedah beku atau elektrolisis (menggunakan energi panas dan listrik). Bila trichiasis disertai dengan entropion, pembedahan kelopak mata dapat dipertimbangkan.

Oleh sebab itu kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis mata agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap mata Anda dan diberikan penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar