Sukses

Anak Menderita ITP

26 Feb 2015, 16:56 WIB
Wanita, 30 tahun.

anak saya divonis dokter terkena ITP sejak 1 th yng lalu... sampai sekarang trombositnya masih dibawah 50rb. Jika saya ingin membawa anak saya ke RSUD Dr. Soetomo, harus ke poli apa?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Idiopatik Trombositopenia Purpura (ITP) adalah penyakit autoimun yang menyebabkan penurunan jumlah trombosit karena sebab yang tidak diketahui. Bagi anak yang memiliki ITP, semua sel darah normal kecuali trombosit. Hal ini disebabkan karena meningkatnya penghancuran trombosit oleh antibodi tubuh.

ITP pada anak-anak umumnya didahului oleh infeksi virus. ITP pada anak umumnya ringan dan tidak memerlukan terapi. 80% ITP pada anak akan sembuh dalam waktu 6 bulan, kebanyakan dalam waktu 1-2 bulan. Apabila sudah berlangsung > 6 bulan maka dikatakan sebagai ITP kronik. ITP kronik jarang terdapat pada anak-anak (20%).

Peningkatan leukosit kemungkinan karena adanya infeksi yang terjadi. Mungkin dari penggunaan jarum infus yang membengkak dan menyebabkan infeksi atau dari sumber lain. Jarum infus sebaiknya diganti dalam waktu 3-5 hari atau bila membengkak untuk menghindari adanya infeksi. Infeksi ini sebaiknya dicari apa penyebabnya dan apabila perlu diberikan pengobatan antibiotik (konsultasikan kepada dokter anak anda).

Pengembalian kadar trombosit akan terjadi perlahan-lahan dalam waktu 2-4 minggu dan paling lama 6 bulan. Pada ITP dengan kadar trombosit > 30.000 dan tidak memiliki keluhan umumnya tidak akan diberikan terapi, hanya diobservasi saja. Pada kasus anak bapak dimana trombosit < 20.000 dengan perdarahan mukosa atau ITP dengan trombosit < 10.000 membutuhkan terapi spesifik.

Steroid adalah terapi utama pada ITP karena steroid bekerja dengan cara menekan antibodi yang menghancurkan trombosit.  Terapi yang dilakukan untuk anak bapak sudah tepat. Saat ini diberikan terapi medrol yang berisikan zat aktif metilprednisolon yaitu sejenis steroid namun ringan. Pengobatan umumnya akan diberikan sampai trombosit mencapai 30.000. Apabila trombosit lebih dari 30.000 maka umumnya tidak akan diberikan terapi spesifik.

Yang dilakukan adalah observasi dan kontrol teratur dengan dokter spesialis anak sub hematologi (darah). Pada perawatan di rumah, yang penting adalah pengawasan terjadinya perdarahan atau komplikasi (perdarahan di kepala, perdarahan di perut), makan makanan bergizi, dan istirahat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar