Sukses

Agar Selangkangan dan Ketiak Putih Mulus

04 Feb 2015, 21:12 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau bertanya. Gimna cranya agar daerah kewanitaan, selangkangan, dan daerah lipatan ketiak itu mnjdi putih n mulus dok. Sya sngat mghrapkan jwaban dokter. Trimakasi....

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Daerah selangkangan berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi  Izinkan kami menjelaskan tentang berbagai penyebab dari keluhan ini. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB (bagi wanita), kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit.

Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Selangkangan Hitam juga dapat disebabkan oleh Candidiasis yang merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Dermatitis kruris merupakan peradangan pada kulit di daerah selangkangan. Kedua penyakit kulit tersebut menimbulkan gejala gatal. Kondisi yang Anda alami mungkin saja disebabkan salah satu dari kedua diagnosis tersebut. Diagnosis penyakit kulit tersebut dapat ditegakkan setelah dilihat secara langsung. Umumnya kondisi ini dicetuskan oleh kondisi daerah sekitar anus dan kemaluan yang tidak terjaga kebersihannya dan selalu lembab. Obat untuk kedua penyakit ini berbeda. Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk mengatasi penyakit ini. Untuk sementara, sebaiknya Anda menjaga kebersihan daerah kemaluan dan sering berganti pakaian dalam.

Warna ketiak yang hitam dapat disebabkan oleh karena terlihat akar rambut ketiak sehingga terlihat hitam, atau dapat karena kotoran tubuh (daki). Membersihkan tubuh Anda dengan menggunakan spons pada waktu mandi dapat membantu.

Selain itu memutihkan ketiak juga dapat dilakukan melalui beberapa tindakan seperti laser maupun mikrodermabrasi. Anda dapat mengkonsultasikan permasalahan tersebut ke dokter terkait. Kami lampirkan berbagai artikel kesehatan untuk Anda baca:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar