Sukses

Benjolan Dibawah Rahang

27 Feb 2015, 08:44 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat Pagi, Dok. Saya ingin konsultasi tentang keadaan saya. Dibawah rahang kanan bawah ada benjolan cukup besar, benjolan tersebut dapat dirasakan hingga bagian dalam mulut (tepatnya dibawah lidah). Jadi ketika saya membuka mulut dan mengangkat sedikit lidah saya, maka akan terlihat benjolan tersebut. Awalnya hanya benjolan kecil. Dan saya coba periksa ke klinik. Kata dokter tersebut, ini hanya anti-body. Jadi akan terasa nyeri dan bengkak ketika tubuh saya tidak fit. Saya pikir tidak ada masalah. Tapi semakin lama, saya merasa benjolan ini semakin membesar. Dan tidak hanya terasa sakit sewaktu tubuh saya tidak fit, tapi lebih sering bengkak dan sakit. Benjolan ini sudah ada sekitar 2 tahun. Dan semakin lama, saya merasa tubuh saya semakin kurus, semakin pelupa (sampai-sampai handphone yang saya pegang saja saya cari). Saya juga sering sakit kepala hingga mual & muntah. Apa semakin kurus, pelupa, sakit kepala tersebut karena pengaruh benjolan dibawah lidah ini, Dok? Dan penyakit apa yang sedang saya derita? Mohon jawabannya ya, Dok. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih anda telah menggunakan layanan e - konsultasi klikdokter.com

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Berdasarkan gambaran penyakit yang anda paparkan, kami berasumsi bahwa yang anda alami kemungkinan adalah plunging ranula. Ranula merupakan suatu kista retensi, atau pembengkakan yang terlihat di bagian bawah lidah, yang dapat disebabkan karena adanya sumbatan pada muara kelenjar air ludah yang terletak di bawah lidah (kelenjar ludah sublingualis), atau adanya trauma pada kelenjar tersebut. Kondisi ini jarang sekali mengalami penyembuhan secara spontan. Diperlukan intervensi dari seorang ahli bedah mulut untuk mengangkat kista retensi tersebut.

Pada dasarnya belum ada penelitian yang berhasil membuktikan adanya kaitan antara kemunculan kista retensi tersebut dengan adanya penurunan daya ingat dan sebagainya. Adapun rasa mual, muntah, penurunan berat badan yang anda alami kemungkinan karena hilangnya rasa nyaman dalam rongga mulut akibat adanya pembengkakan tersebut yang bisa diwujudkan dengan adanya kesulitan dalam menelan atau mengunyah makanan, terdorongnya lidah ke arah atas atau belakang sehingga mengakibatkan munculnya refleks mual dan muntah.

Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut serta rencana perawatan guna mengatasi permasalahan kista retensi yang anda alami tersebut.

Demikian, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar