Sukses

Lesi pada Mulut

20 Nov 2014, 13:44 WIB
Pria, 21 tahun.

di mulut saya terdapat bulatan berwarna putih tebal terkadang juga berubah menjadi merah dengan dikelilingi garis putih yg terdapat di sisi kanan dan kiri lidah dengan diameter kurang dari 3 cm. Kira-kira itu apa ya? apakah berbahaya atau tidak? lalu apakah ada hubungannya dengan cara bernafas saya ang saat tidur menggunakan mulut karna hidung tidak berfungsi dgn baik sehingga membuat lidah kering di pagi hari?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. lesi  pada mulut Anda ini dapat terkait beberapa keadaan seperti infeksi jamur, bakteri, virus  atau keadaan lainnya seperti penyakit tertentu atau trauma/cedera. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi dan juga tanya jawab yang lebih mendalam. Sebagai contoh, kami tidak tahu di mana lokasi persis lesi yang Anda sebutkan? apakah disertai gejala lainnya?   Bagaimana daerah sekitarnya? Pertanyaan-pertanyaan lain yang harus dijawab adalah:

  • Bagaimana bentuk tepi lesi?
  • Berapa jumlahnya ?
  • Sejak kapan benjolan tersebut timbul? Apakah ukurannya semakin membesar atau menetap? 
  • Pernahkan Anda mengalami keluhan seperti ini sebelumnya?
  • Apakah benjolan tersebut berisi air/nanah?
  • Adakah keluhan lain yang Anda rasakan?

Sebaiknya Anda periksakan keadaan ini secara langsung ke dokter gigi sehingga dapat dipastikan penyebabnya juga diberikan terapi yang tepat,dan juga konsultasikan gangguan pernafasan yang Anda alami ke dokter. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,                                       

0 Komentar

Belum ada komentar