Sukses

Pemeriksaan Tuberkulosis

16 Dec 2014, 14:36 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat pagi dok.mau tanya ne saya menderita tb paru tapi sayasedang menjalani terapi selama 6 bln..tp sya tidak pernah cek sputum hanya berdasar photo thorax sya lalu di beri obat anti tb(oat) apakah photo thorax sdh ckup untuk diagnosa pnyakit tb dan hasil LED..mohon jawaban ny dok terima kasih. Ari harianto

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Penentuan diagnosa tuberkulosis (TB) berdasarkan 3 hal, anamnesis (riwayat Anda, riwayat keluarga, keluhan Anda selama ini) dan pemeriksaan fisik yang mengarah (pemeriksaan dengan mendengar paru, pemeriksaan tubuhlainnya), serta pemeriksaan penunjang yang dapat berupa pemeriksaan dahak yang positif kuman TB, dan pemeriksaan rontgen yang memperlihatkan hasil TB dan pemeriksaan darah. Kalau pada orang dewasa apabila memang dari foto rontgen sudah jelas sekali terlihat TB maka biasanya memang terdiagnosa TB terutama bila ada gejala klinis yang mendukung. Namun memang sebaiknya untuk memastikan bisa dilakukan  pemeriksaan sputum. 

TB sendiri memang merupakan penyakit yang mudah menular melalui saluran pernapasan. Apabila memang Anda terkena TB, maka periksakanlah cucu dan anak Anda. Anak-anak lebih rentan terinfeksi TB dibandingkan orang dewasa karena daya tahan tubuh mereka yang belum sempurna. Kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan ke dokter specialis paru-paru. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar