Sukses

Penanganan Infeksi Lambung & Lemah Jantung

19 Nov 2014, 16:21 WIB
Pria, 21 tahun.

Bagai mana cara mengobati penyakit infeksi lambung dan lemah jantung

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya perlu diperjelas dengan apa yang Anda maksud dengan infeksi lambung. Terdapat beberapa jenis infeksi yang dapat mengenai lambung. Tersering adalah gastritis ( maagh) yang disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori dapat juga berupa gastroenteritis (infeksi saluran cerna lambung dan usus) akibat virus, bakteri maupun parasit.

Diperlukan pemeriksaan fisik dan wawacanra medis lebih lanjut untuk mengetahui penyebab infeksi lambung yang Anda keluhkan. Gastritis memiliki gejala nyeri di ulu hati, mual dan kembung. sedangkan gastroenteritis sering dikaitkan dengan gejala nyeri perut dan muntah serta diare. Pengobatan kedua penyakit tersebut tentunya berbeda. Namun secara garis besar untuk menghindari gangguan pada lambung disarankan untuk mengikuti tips berikut: 

  • hindari menunda makan
  • hindari makanan pedas, berlemak, kopi
  • hindari merokok
  • pastikan kebersihan tempat makan dan cara persiapan serta penyajian makanan
  • hindari langsung berbaring setelah makan

Kami menduga yang Anda maksud dengan lemah jantung adalah apa yang disebut dengan kardiomiopati. Kardiomiopati adalah suatu penyakit ketidakmampuan otot jantung memompa jantung, ada 3 tipe kardiomiopati hipertrofi, kardiomiopati restriktif dan yang paling sering adalah kardiomiopati dilatasi.

  • Kardiomiopati hipertrofi merupakan kelainan genetik dimana sel2 otot jantung terbentuk berlebih sehingga dapat mengakibatkan gangguan irama jantung (aritmia).
  • Kardiomiopati restriktif, biasanya disebabkan karena penyakit amyloidosis, sarcoidosis.
  • Kardiomiopati dilatasi yang sering juga dikenal dengan gagal jantung. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh jantung koroner, dimana terdapat sumbatan pada pembuluh darah jantung sehingga otot jantung menjadi rusak dan menjadi lemah dan melebar, mengganggu kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penderita kadang sering mengalami sesak nafas, bila ini terjadi biasanya gagal jantung kiri. Sedangkan pada gagal jantung kanan, penderita sering mengeluh bengkak di kaki.

Penanganan "lemah jantung" tentu disesuaikan dengan penyebabnya, umumnya dengan konsumsi obat teratur dan perubahan gaya hidup. Untuk mengurangi kecemasan Anda, ada baiknya Anda melakukan pola hidup yang sehat, asupan nutrisi yang bergizi, olahraga rutin dan bila perlu melakukan pemeriksaan screening jantung seperti EKG atau treadmill untuk mengetahui kondisi jantung Anda saat ini. 

Kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui [penyebab keluhan Anda dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar