Sukses

Nyeri Kepala Seperti Diikat

02 Apr 2015, 22:47 WIB
Pria, 18 tahun.

Dokter saya mngalami nyeri kepala seperti di ikat dan telinga seperti tersumbat . Kadang hidung saya juga tersumbat sebelah bergantian. Gigi saya terasa ngilu atas bawah . Dri hasil rongsen ternyata sinus saya bagus . Malah gigi saya terlihat impaksi empat empatnya. Yg sebelah kanan atas letaknya dalam dekat dengan sinus . Yg ingin saya tanyakan dok. Apakah berhubungan dari gejala gejala saya di atas dengan impaksi gigi saya dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih anda telah menggunakan layanan e - konsultasi

Rasa sakit kepala yang anda alami, serta berbagai gangguan pernapasan yang terkadang menyertainya kemungkinan dapat disebabkan oleh posisi gigi molar tiga (geraham bungsu) yang impaksi, sebagaimana yang terlihat dari gambaran radiografi, di mana terlihat bahwa beberapa gigi impaksi memiliki posisi yang berdekatan dengan struktur vital seperti sinus maksilaris. Sinus merupakan suatu rongga pada wilayah wajah yang sepatutnya terisi oleh udara steril. Pada keadaan di mana gigi mengalami impaksi pada struktur tersebut, maka dapat tumbul gejala-gejala sinusitis yang antara lain seperti yang anda kemukakan. Hal ini disebabkan karena gigi dianggap sebagai benda asing pada sinus tersebut oleh karenanya tubuh bereaksi dengan menampakkan gejala radang. Diperlukan teknik bedah Caldwell - Luc untuk dapat mengeluarkan gigi dari posisi tersebut.

Apabila gangguan pernapasan serta sakit kepala tersebut kerap kali timbul dan sangat mengganggu, kami sarankan anda agar berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah mulut untuk menjalani pembedahan guna mengangkat gigi impaksi tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar