Sukses

Benjolan Di Kelopak Mata

09 Feb 2015, 22:46 WIB
Wanita, 31 tahun.

sore dok, di kelopak mata saya ada benjolan klo kata orang sih kebanyakan makan telur, tp prasaan enggak trlalu tiap hari jg saya makan telur, sempet diperiksakan ke dokter mata dan diberi obat salep mata dan obat minum tp sampai sekarang benjolannya tidak hilang. malah sekarang di ujung kelopak mata sempet ada kyk jerawat di mata sakit kyk jerawat di hidung, tp setelah pecah malah meninggalkan benjolan lg, jd lengkap sudah ada dua benjolan di kelopak mata kanan saya (kiri dan kanannya), itu penyebabnya knapa yah dok dan solusinya? klo sekarang sih kedua benjolannya tidak terasa sakit, tp terlihat klo diteliti sama orang, klo temen kantor bilangnya bintilan, mohon bantuannya dok, trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk memastikan apa penyebab dari benjolan di kelopak mata Anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung. Hordeolum atau yang di Indonesia dikenal sebagai “bintitan”, adalah infeksi pada kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata. Biasanya hordeolum ini berisi nanah. 

Jika benjolan tersebut adalah benar bintitan, maka dapat dilakukan eksisi (sayatan) untuk dapat mengeluarkan isi dari benjolan. Namun jika sifatnya kronis dan sudah lebih dari 4 bulan, maka perlu ditelusuri lebih lanjut. Jangan jangan benjolan tersebut bukan bintitan biasa.

Sebaiknya Anda selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, bersihkan daerah kelopak mata secara teratur, dan pastikan peralatan rias yang berhubungan dengan mata senantiasa bersih/steril. Bila Anda sedang mengalami hordeolum sebaiknya hindari penggunaan kosmetik mata hingga 1 bulan setelah penyembuhan.

Beberapa kemungkinan yang dapat terjadi adalah:

  1. Hordeolum atau chalazion (dalam bahasa awam sering disebut dengan "bintitan")

  2.  Xanthelasma (benjolan yang berupa kumpulan lemak pada kelopak mata)

  3. Kista epidermal (merupakan kista kecil yang timbul seringkali karena trauma/gesekan)

  4. Kista sebasea (merupakan kista yang sering timbul pada daerah kelopak mata atau daerah alis yang berambut karena sumbatan kelenjar sebasea atau kelenjar lainnya)

  5. Milia (benjolan kecil-kecil karena sumbatan pada saluran rambut-rambut halus)

  6. Kista sudorifera (merupakan kista kecil di daerah kelopak mata yang disebabkan karena sumbatan kelenjar keringat)

  7. Papiloma (pertumbuhan benjolan jinak yang sering terjadi di daerah mata)

  8. Nevus (dalam bahasa awam sering disebut dengan "tahi lalat")

Untuk mendapatkan diagnosis yang pasti dan penanganan yang sesuai, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis mata agar dilakukan pemeriksaan langsung dan Anda mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar