Sukses

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

20 Nov 2014, 19:02 WIB
Pria, 27 tahun.

dok. bagaimana untuk memutihkn gigi dan menyegarkan mulut dan mencegah gigi berlubang serta menjaga mulut tetap anti sariawan ?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya akan menjawab pertanyaan Anda satu persatu. Untuk memutihkan gigi Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna/menguning, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi. Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Makanan dan minuman seperti kopi, teh, wine serta kebiasaan  merokok dapat meyebabkan perubahan warna pada gigi, konsumsi obat antibiotik jenis tetrasiklin pada masa kanak-kanak atau pada ibu hamil juga menyebabkan terdapatnya perubahan warna yang cukup berat pada gigi. Metode bleaching diindikasikan untuk memutihkan gigi yang mengalami perubahan warna akibat makanan, kebiasaan merokok dan hal lainnya. Namun tidak semua perubahan warna yang terjadi pada gigi dapat diputihkan dengan dental bleaching, contohnya seperti pada perubahan warna akibat obat antibiotik jenis tetrasiklin. Memutihkan gigi sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi. Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien.

Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan dan tidak hanya karena kekurangan vitamin atau terkait kebersihan mulut saja. Beberapa kondisi yang terkait timbulnya sariawan adalah stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari. Jadi pada pasien yang sering mengalami sariawan sebaiknya diperiksakan ke dokter gigi untuk mencari tahu kondisi yang terkait dengan timbulnya sariawan tersebut sehingga dapat dikurangi resiko kemunculan sariawan berikutnya.

Untuk menjaga kesehatan, kebersihan serta kesegaran dalam rongga mulut Anda maka tentu saja Anda tidak boleh melewatkan sikat gigi 2 kali sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Sikatlah gigi dengan cara yang benar dan menggunakan pasta gigi berfluoride serta bersihkan selah-selah gigi dengan benang gigi atau dental floss, jangan lupa pula untuk kontrol dua kali dalam setahun ke dokter gigi walupun tidak ada keluhan yang dirasakan.

Demikian infprmasi yang dapat Anda berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar