Sukses

Terinfeksi Jamur Candida Albicans

03 Apr 2015, 19:48 WIB
Wanita, 33 tahun.

Siang dokter sy mau tnya sy prnah periksa pap smear k dokter kandungan dan hasilnya sy trinfeksi jamur candida albicans trus di obati,kmudian smbuh,tp tdk lama kmudian kmbuh lg kputihan sy itu,apa penyebabnya dan bgaimn mngobatinya hngga tuntas,tlng jwabannya dokter,trimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Keputiham dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara fisiologis normal dan secara patologis. Yang dimaksud dengan keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Apabila memang cairan tersebut tidak gatal, tidak panas, dan tidak berbau amis maka tidak ada masalah. Cairan tersebut masih berada di dalam batas normal dan belum terinfeksi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu, dengan penyebab tersering adalah oleh infeksi parasit, jamur, atau bakteri.

Gambaran klinis sekret atau keputihan karena infeksi candida albicans biasanya berwarna putih seperti susu dan gatal. Sebaiknya periksakan kembali keluhan ini ke dokter yang sebelumnya menangani Anda. Jika memang benar infeksi jamur kandidiasis, dapat diberikan kembali obat anti-jamur, namun untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar