Sukses

Tangan dan Kaki Kram dan Kesemutan

09 Feb 2015, 23:10 WIB
Pria, 24 tahun.

Kalau lagi tidur kaki dan tangan suka kesemutan dan suka Keram.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun pertama-tama yang perlu kami tanyakan adalah: sudah berapa lama keluhan ini Anda rasakan? Bagaimana awal mulanya? Otot bagian mana sajakah yang kram dan kesemutan? Pengobatan apa sajakah yang sudah Anda dapatkan? Apakah ada keluhan lain yang menyertai seperti lemas, nyeri atau bengkak pada bagian tubuh terkait? Apakah aktivitas Anda sehari-hari? Apakah pernah mengalami trauma/cedera pada tangan yang mengalami keluhan? apakah Anda memiliki penyakit metabolik atau kronis seperti darah tinggi, diabetes melitus, osteoartritis atau asam urat?

Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sensasi tersebut adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Selain itu frekuensi nafas yang cepat, serangan panik dan dehidrasi juga dapat menimbulkan kesemutan. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan. 

Struktur lain yang dapat menyebabkan terjadinya kesemutan adalah adanya gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Beberapa penyakit penyebab timbulya kesemutan diantaranya adalah diabetes melitus, Carpal Tunnel Syndrome, gangguan jantung, dan rematik.

Penyebab primer pada kram sendiri tidak diketahui. Penyebab sekunder biasanya berupa:

  • Gangguan aliran darah atau kurang lancarnya aliran darah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah posisi tidur yang menekan pembuluh darah di kaki terlalu lama (posisi kaki terlipat ketika sedang tidur atau posisi bersila)

  • Kurangnya kadar kalium, kalsium, magnesium, pottasium dan mineral-mineal lain dalam darah. Kalsium berperan untuk kontraksi otot sedangkan potassium atau kalium berperan di dalam relaksasi otot. Apabila kekurangan 2 jenis elektrolit ini maka proses kontraksi-relaksasi otot tidak akan berjalan lancar.

  • Pada penderita penyakit kronik seperti diabetes melitus?

  • Olahraga yang berlebihan menyebabkan penumpukan asam laktat pada otot sehingga eneergi tidak dapat masuk.?

  • Konsumsi alkohol yang berlebih?

  • Kekurangan vitamin B

  • Penggunaan obat-obat tertentu, seperti antipsikotik, diuretik, statin, dan steroid?

  • Memiliki telapak kaki yang datar?

  • Menderita gangguan tiroid (ketidakseimbangan hormon), diabetes, atau hipoglikemia.?

  • Gangguan pembuluh darah perifer, energi tidak sampai ke otot.?

  • Udara kamar (AC) terlalu dingin. Pada saat dingin, pembuluh darah mengkerut untuk mempertahankan panas dalam tubuh, akibatnya suplai darah ke otot pun berkurang, sehingga energi tidak sampai ke otot.

Untuk menghindari kesemutan dan kram pada tangan dan kaki, Anda dapat mencoba untuk olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di kaki, lakukan peregangan otot sebelum berolahraga, jangan terlalu lama berdiri atau usahakan selalu melakukan aktivitas (berjalan atau menggerakkan kaki) setelah berdiri atau duduk lama, dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan potassium (susu dan pisang). Jika dengan cara-cara tersebut, kram tetap berlangsung, maka segera periksakan diri kepada dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar