Sukses

Penanganan Peningkatan Nilai CRP

19 Nov 2014, 09:32 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok.. 2 tahun yang lalu saya MCU.. Dan CRP saya positif. Apakah CRP bisa sembuh dengan sendirinya.. Dok.. Mohon solusinya dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. C- reactive protein (CRP) merupakan penanda adanya inflamasi (peradangan) di tubuh. CRP diproduksi oleh sel-sel di hati. Meskpiun tidak spesifik menunjukan lokasi atau proses inflamasi, CRP seringkali dihubungkan dengam proses aterosklerosis pembuluh darah (penyempitan pembuluh darah). CRP merupakan salah satu tes yang dapat dilakukan untuk skrining penyakit jantung dan pembuluh darah disamping dengan tes-tes lainnya.

Aterosklerosis disebabkan oleh penumpukan plak kolesterol, sel radang di pembuluh darah. Bila tidak ditangani dengan baik, plak tersebut dapat pecah dan menyebabkan sumbatan di pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Meskipun demikian peningkatan CRP bukan berarti semata-mata menunjukkan adanya penyakit jantung namun dapat juga menunjukkan adanya proses inflamasi atau infeksi. Proses peradangan lainnya yang dapat menyebabkan peningkatan CRP antara lain radang sendi (artritis), trauma atau infeksi. Sehingga CRP tidaklah menunjukkan lokasi yang spesifik.

Bagaimana dengan Anda? apakah Anda memiliki keluhan kesehatan selama ini? seperti nyeri dada? tekanan darah tinggi? atau mungkin apakah saat pemeriksaan Anda sedang mengalami infeksi atau radang (contoh radang saluran napas)? Bagaimana dengan kadar kolesterol darah Anda? apakah Anda merokok? 

Tatalaksana untuk menurunkan nilai CRP terfokus untuk menurunkan risiko penyakit jantung yaitu dengan rutin berolahraga, hindari merokok, diet seimbang rendah kolesterol, pengaturan berat badan ideal, kontrol kadar kolesterol, gula darah dan tekanan darah. Obat-obatan golongan statin yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol total dalam darah dapat menurunkan kadar CRP pada individu dengan kolesterol tinggi.

 

Berapa kadar CRP Anda saat pemeriksaan 2 tahun lalu? Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam dan melakukan pemeriksaan CRP ulang untuk memastikan kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar