Sukses

Perhitungan Kehamilan

20 Nov 2014, 14:10 WIB
Wanita, 28 tahun.

siang dok, saat ini saya sedang hamil HPHT 14 APril 2014. periksa pada dokter SpOG ke 1 diinfokan HPL 22 Januari 2015, namun periksa dokter SpOG ke 2 diinfokan HPL 7 Januari 2015, dilihat dari berat badan janin. saya mau tanya bagaimana menentukan HPL yg akurat untuk ibu hamil yang memiliki riwayat haid tidak teratur seperti saya?saya jadi bingung

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Perhitungan hamil jika haid teratur adalah Tanggal +7, Bulan -3, Tahun +1. Sehingga perhitungan jika HPHT Anda 14 April 2014 (14+7, 4-3, 2014+1) maka perkiraan lahir adalah 22 Januari 2015. Namun jika haid Anda tidak teratur maka perhitungan hamil dengan siklus haid yang tidak teratur memang lebih sulit menentukan usia kehamilan atau memprediksikan tanggal kelahiran. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara pemeriksaan USG Abdomen, merujuk dari pertayaan Anda, bahwa dokter kedua melihat dari berat janin maka pemeriksaan dokter kedua dengan menggunakan USG Abdomen. 

Berdasarkan penelitian, metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dipercaya. Walaupun demikian, perlu diingat bahwa hasil tersebut pun memiliki kemungkinan kesalahan, meskipun tidak terlalu besar, terutama jika dilakukan setelah triwulan pertama.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar