Sukses

Solusi Plasenta Previa
03 Apr 2015, 18:00 WIB
Wanita, 23 tahun.

Mohon informasinya, Saat ini saya sedang hamil 6 bulan. Adakah cara untuk merubah posisi plasenta dibawah agar dapat kembali ke posisi diatas karena saat ini plasenta saya sudah menutupi lebih dari 50% dengan tujuan agar bisa melakukan proses persalinan secara normal?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, akan lebih baik jika Anda memahami terlebih dahulu mengenai plasenta previa. Definisi plasenta previa sendiri artinya plasenta atau ari-ari yang terletak tidak pada tempat semestinya atau menutupi jalan lahir. Umumnya pasien mengalami perdarahan tanpa rasa nyeri. Plasenta previa seringkali terjadi pada trimester ke-2 akhir. Plasenta previa sendiri memiliki berbagai macam jenis seperti:

  •  Plasenta previa marginal (marginal plasenta previa)
  •  Plasenta previa totalis (total plasenta previa)
  •  Plasenta previa letak rendah (low lying plasenta previa)

Pada keadaan plasenta previa, sebaiknya Anda melakukan bed rest  istirahat total, menghindari hubungan seksual hingga pada follow up pemeriksaan USG menunjukkan perpindahan plasenta ke tempat seharusnya. Aktivitas perangsangan seksual dapat dilakukan dengan pertimbangan di mana letak plasenta Anda. Jika merupakan plasenta previa totalis maka sebaiknya aktivitas perangsangan seksual dalam bentuk apapun dihindari.

Kegiatan sehari-hari sebenarnya dapat dilakukan namun tidak boleh berlebihan. Namun tentunya hal ini tergantung dari pertimbangan masing-masing dokter spesialis kebidanan terhadap masing-masing kasus plasenta previa. 

Hingga kini, dunia medis belum mengetahui adanya cara yang efektif untuk mengembalikan letak plasenta. Terutama, pada usia 32-26 minggu biasanya sudah tidak dapat lagi terjadi perubahan letak plasenta.

Untuk saat ini, berbagai jenis aktivitas yang ingin Anda lakukan perlu dikonsultasikan dengan dokter Anda yang mengetahui letak plasenta Anda  secara tepat di mana sehingga dapat menimbang kondisi yang Anda alami.  

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar