Sukses

Penanganan Refluks Lambung

18 Nov 2014, 16:17 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya ingin bertanya, kk saya sakit refluks asam lambung sejak sebulan lalu dan sudah hampir 2 bulan. sudah berkali kali ke dokter penyakit dalam diagnosanya msh sama tapi msh saja dirasakan nyeri pada perut dada sakit sering tahak dan mulut pahit. apa yang mesti sy lakukan ya dok dan obat apa yg hrs dikonsumsi agar segera sembuh dok??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda dan kakak Anda rasakan. Gastroesofageal reflux disease (GERD) merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan keluhan nyeri ulu hati, rasa terbakar di dada, mual, muntah dan kembung. GERD disebabkan oleh refluks asam lambung akibat klep esofagus (kerongkongan) bagian bawah yang melemah.Selain obat-obatan, perubahan gaya hidup dan pola makan memiliki peran besar untuk mencegah dan mengatasi refluks asam lambung.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kakak Anda terapkan:

  1. Hindari langsung berbaring setelah makan, beri jeda waktu 2 hingga 3 jam
  2. Berhenti merokok dan hindari alkohol
  3. Hindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti cokelat, minuman/ makanan yang mengandung kafein, mint, bawang, saus tomat, buah citrus (jeruk, lemon), dan makanan pedas maupun berlemak. 
  4. Makan perlahan, sedikit- sedikit & tidak berlebih
  5. Relaks, hindari stres
  6. Konsumsi makanan tinggi serat sehingga Anda merasa cepat kenyang dan tidak akan makan berlebih 
  7. Menjaga berat badan ideal, berat badan berlebih dapat menyebabkan penekanan lambung sehingga meningkatkan risiko refluks 

Obat-obatan untuk mengurangi gejala refluks lambung yang dapat Anda konsumsi adalah golongan proton pump inhibitor seperti omeprazole, lansoprazole, pantorazole atau golongan antagonis H2 seperti ranitidine atau cimetidine. Namun penggunaan obat-obatan tersebut harus tetap berada di bawah pengawasan dokter. Sebaiknya kakak Anda tetap melakukan kontrol ke dokter yang menanganinya selama ini atau dokter spesialis penyakit dalam. Dokter spesialis penyakit dalam dapat melakukan pemeriksaan penunjang seperti endoskopi (teropong lambung dan kerongkongan) untuk melihat struktur bagian tubuh tersebut apakah terdapat luka atau hal lain. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar