Sukses

Bulan Flek Kecoklatan

18 Nov 2014, 15:48 WIB
Wanita, 26 tahun.

dokter, saya mau menanyakan, sudah 2 bulan ini saya datang bulannya hanya keluar flek coklat saja. dan sama sekali tidak mengeluarkan darah merah. ini kenapa ya dok? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah Anda sudah pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya? Kapan hari pertama haid terakhir Anda? Bagaimana dengan siklus haid Anda, apakah teratur? Apakah ada berada dalam keadaan stress emosional? Jumlah menstruasi yang sedikit dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Apakah Anda dapat keadaan tersebut? Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika memang Anda merasa volume haid Anda sangat sedikit dibandingkan dengan biasanya, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

 

Jika flek-flek terjadi di luar siklus haid, biasanya diakibatkan karena gangguan hormon. Gangguan tersebut dapat disebabkan karena:

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Salah satu tanda kehamilan juga dapat menunjukkan adanya flek-flek kecoklatan. Tanda pertamanya yang seringkali disadari adalah telatnya menstruasi. Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Kami sarankan Anda memeriksakan keluhan hadi sedikit berupa flek kecoklatan Anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik sehingga dapat ditentukan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar