Sukses

Efek Samping Amoksisilin?

18 Nov 2014, 11:47 WIB
Wanita, 31 tahun.

Selamat Pagi, Dok saya mau tanya. Malam tadi saya mengajak anak saya berobat krn panas tinggi yg tidak kunjung reda. Diagnosa dokter mengatakan anak saya terkena faringitis dan diberi resep racikan antibiotik "Amoxyl 500 mg sebanyak 4 tablet, dibagi dalam 15 bungkus racikan". Tapi setelah meminum obat tersebut anak saya gelisah, jantung berdebar dan sulit bernafas. Apakah ini reaksi dari antibiotik tersebut ataukah bagaimana? Dan apakah pemakaiannya harus dihentikan?.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.Amoksisilin merupakan antibiotik penisilin yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri termasuk infeksi saluran pernapasan seperti faringitis. Antibiotik ini aman diberikan pada anak. Pada individu yang alergi terhadap penisilin, penggunaan amoksisilin dapat menimbulkan risiko alergi (hipersensitifitas) mulai dari hanya gatal-gatal kemerahan hingga reaksi anafilaksis seperti bengkak di mata, wajah, tenggorokan, hingga sesak napas. Efek samping lain amoksisilin adalah mual, kembung dan yang sering dikeluhkan pada anak adalah diare.

Berapa usia dan berat badan anak Anda? Pertanyaan tersebut dibutuhkan untuk menentukan kecukupan dosis antibiotik yang diberikan pada anak Anda karena pemberian antibiotik pada anak berdasarkan perhitungan berat badan.

Kami tidak dapat menentukan apakah hal yang dialami anak Anda merupakan efek samping dari amoksisilin karena dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Apakah anak Anda diberikan obat lain selain racikan antibiotik? bila memang diberikan obat lain belum tentu keluhan anak Anda disebabkan oleh amoksisilin karena ada beberapa obat batuk pilek/ saluran pernapasan yang dapat memberikan efek samping jantung berdebar.

Kami sarankan Anda untuk segera membawa anak Anda ke dokter terdekat lebih baik lagi bila dokter tersebut adalah dokter yang memberikan obat pada anak Anda sebelumnya sehingga bisa ditentukan apakah keluhan pada anak Anda disebabkan oleh alergi antibiotik amoksisilin atau bukan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar