Sukses

Ekstrak Kulit Manggis Untuk Hipertensi

18 Nov 2014, 10:45 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok mau brtnya, kalo produk ekstrak kulit manggis sprt mastin/gracia bisa nurunkan hipertensi ngga? Adakah efek sampingnya untuk pnderita hipertensi? Mksh dok

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Sayang sekali kami tidak dapat memberikan pendapat mengenai suatu produk/obat terkait dengan etika kedokteran yang kami anut. Namun kami akan coba menjelaskan mengenai hipertensi dan penangananya. 

Hipertensi tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dikontrol saja, oleh karena itu pengendalian pola hidup mempunyai peranan penting dalam penangan hipertensi. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi (hipertensi) jika dalam 3 kali pengukuran tekanan darah berturut-turut di waktu yang berbeda menunjukkan hasil tekanan sistole (angka yang pertama) ≥ 140 mmHg atau tekanan diastole (angka yang kedua) ≥ 90 mmHg. Hasil tekanan darah yang tinggi hanya dengan satu kali pemeriksaan belum dapat didiagnosis menderita tekanan darah tinggi karena hasil tekanan darah dapat meningkat saat seseorang dalam kondisi stres atau setelah beraktivitas, dll. Jika setelah beberapa kali pemeriksaan didapatkan hasil tekanan darah Anda lebih tinggi dari normal, dapat dikatakan bahwa Anda menderita darah tinggi. 

Meskipun hipertensi tidak dapat disembuhkan secara total, hanya bisa dikontrol saja namun bukan berarti Anda harus mengkonsumsi obat-obat hipertensi sepanjang hidup Anda, yang terpenting adalah menjaga pola hidup sehat dalam mengatasi hipertensi. Berikut adalah beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk membantu pengobatan hipertensi yang diderita, sehingga penggunaan obat pun dapat diminimalisasi di kemudian hari :

  • Olah raga teratur, dengan frekuensi 3 kali per minggu dan durasi minimal 30 menit
  • Jaga berat badan agar tetap ideal
  • Kurangi asupan garam
  • Hindari konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng
  • Tingkatkan konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur
  • Hindari rokok dan asap rokok
  • Hindari konsumsi alkohol.

Namun jika dengan melakukan perubahan gaya hidup tersebut tekanan darah Anda tetap tinggi, maka diperlukan terapi dengan obat-obatan untuk mengatasi hipertensi Anda dengan melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Hipertensi yang tidak diterapi dapat menyebabkan berbagai komplikasi berupa gangguan jantung, pembuluh darah, gangguan ginjal, merusak kerja mata, menimbulkan kelainan atau gangguan kerja otak, dll. Apabila memang dengan obat tersebut tidak juga turun, maka pilihan lainnya adalah dengan terapi kombinasi obat, untuk hal ini Anda bisa konsultasi dengan dokter specialis penyakit dalam. 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat dan Anda lekas sembuh. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar