Sukses

Masih Seperti Anak Kecil

22 Jan 2015, 20:56 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok, kenapa fisik saya kayak anak kecil ya terutama pada wajah saya yang baby face dan suara belum berubah. padahal usia saya sudah memasuki 19 tahun. apakah saya terkena penyakit hipogonadisme. kalau memang benar, bagaimana cara mengobatinya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk seorang anak laki-laki, tanda puberta biasanya muncul lebih lambat dari pada anak perempuan, yaitu pada usia 11 tahun ke atas. Namun seiring berkembangnya zaman, masa pubertas dimulai lebih awal karena pengaruh gizi, atau interaksi sosial. Jika terjadi lebih lambat maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik yang lebih menyeluruh pada Anda.

Penyebab munculnya pubertas adalah hormon yang dipengaruhi oleh hipofisis (pusat dari seluruh sistem kelenjar penghasil hormon tubuh). Berkat kerja hormon ini, remaja memasuki masa pubertas sehingga mulai muncul ciri kelaim sekunder yang dapat membedakan antara perempuan dan laki-laki. Dengan kata lain, pubertas terjadi karena tubuh mulai memproduksi hormon-hormon seks sehingga alat reproduksi telah berfungsi dan tubuh mengalami perubahan.

Karena sudah berusia 19 tahun maka sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter untuk pemeriksaan lebih menyeluruh mengenai status pubertas Anda. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar