Sukses

Ingin Kembali memberi Anak ASI

02 Apr 2015, 19:32 WIB
Wanita, 28 tahun.

Slmt mlm dok Saya indri ibu dr 2 anak, anak pertama sy berusian 3thn dan anak ke dua sy berusia 5bln, sy ingin tanya bagaimana memberikan asi kembali kpd anak sy yg berusia 5 bln? Krn anak sy minum asi hnya sampai usia 1 bln saja krn asi tdk keluar lg, saat ini sy ingin sekali mmberikan asi kmbali..bgmn ya dok cara'a? Trm ksh

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin (hormon yang dapat merangsang pengeluaran ASI). Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi anda.

Ketika Anda tidak lagi menyusui, maka regulasi hormon akan berubah, sehingga produksi ASI berkurang bahkan hingga tidak ada sama sekali.

Jika Anda ingin kembali menyusi, Anda bisa mencoba untuk memulai kembali perangsangan pada payudara agar dapat kembali memproduksi ASI. Bisa dengan obat hormon (dengan resep dokter) atau terapi herbal.

Jika produksi ASI sedikit, jangan putus asa dulu. Lakukan 6 cara ini untuk mengatasinya:

1. Sering-seringlah menyusui bayi

Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI.

2. Hindari cemas yang berlebihan

Kebanyakan ibu yang baru memiliki anak berpikir bahwa produksi ASI mereka kurang mencukupi kebutuhan anak, padahal kecemasan semacam itu belum tentu benar. Jika anak Anda aktif dan lincah, itu berarti produksi ASI Anda baik-baik saja.

3. Istirahat dengan cukup

Kekurangan waktu tidur akan mengakibatkan kelelahan, emosi yang tidak stabil dan lain-lain. Inilah yang bisa berakibat buruk bagi produksi ASI.

4. Pijat payudara

Memijat payudara dapat membantu meningkatkan volume dan lemak susu. Ketika bayi sedang mengisap puting, pijat payudara mulai dari bagian tengah dada dan kemudian sedikit lebih jauh ke arah puting, dan tunggu bayi untuk menelan ASI yang keluar. Lalu pijat bagian lain dari payudara yang sama dan tunggu bayi untuk menelan ASI. Ulangi berkali-kali.

5. Kurangi stres

Stres tidak menghentikan produksi susu, namun dapat menyebabkan gangguan pada reflex pengeluaran ASI yang mengakibatkan ASI tidak keluar secara maksimal.

6. Jauhi minuman-minuman beralkohol

Minuman-minuman beralkohol dapat menurunkan produksi susu. Pilihlah minuman yang lebih menyehatkan agar ASI bisa terus berproduksi lancar. Dan jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.

Apapun yang terjadi, sang ibu janganlah menyerah. Jagalah pikiran positif dan memerlukan dukungan dari anggota keluarga lainnya. 

Memang sulit dipungkiri, kerap kali karena keterbarasan kondisi medis sang ibu, mau tidak mau kehadiran ASI digantikan dengan susu formula. Meskipun nilai nutrisi ASI tidak dapat tergantikan, alternatif pemberian susu formula dapat dijadikan solusi. Penting diingat, jangan memberi susu sapi kepada bayi berusia di bawah satu tahun tanpa saran dari dokter.

Penting adanya untuk senantiasa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis anak sebelum melakukan pemberian susu formula kepada bayi di bawah usia satu tahun. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar