Sukses

Benjolan Pada Bibir Vagina dan Gatal

02 Apr 2015, 18:53 WIB
Wanita, 15 tahun.

Siang, dok. Ada yang ingin saya tanyakan. Saya mempunyai keluhan yang berkaitan dengan kelaimin, yang sudah saya miliki selama kurang lebih seminggu, yaitu, pada salah satu kelenjar bartholin terdapat 2 bentol, satu sebesar biji jagung sedangkan yang lain sekitar 2x lebih besar dengan luka ditengahnya. Pada hari pertama hanya ada 1 bentol seperti digigit nyamuk, warnanya agak merah. Lama kelamaan, ia membesar dan sangat gatal. saya kadang suka tidak sengaja menggaruknya, hingga akhirnya muncul sedikit luka pada yang besar dan tumbuh yang kedua (yang sekarang masih sebesar biji jagung). Tidak terasa nyeri ketika ditekan, tetapi sangat gatal ketika daerah kemaluan lembab. Warna kulitnya sekarang di keduanya sedikit membiru (mungkin karena tidak sengaja tergaruk) dengan di sekitarnya berwarna kemerahan. Saya pernah menekan isinya keluar saat hari hari pertama karena iseng (saya tahu sekarang bahwa itu tidak baik), dan yang keluar adalah cairan bening. Saya tidak berani bilang pada orangtua ataupun berkonsultasi dengan dokter karena usia saya masih tergolong terlalu mudah untuk mempunyai masalah seperti ini. Mohon bantuannya, dok. Apa yang saya sebaiknya harus lakukan pada bentol ini? Apa ada obat yang bisa saya pakai untuk masalah ini? Terimakasih, dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sayang sekali kami tidak dapat menyatakan penyebab dari keluhan Anda, hal tersebut bisa terjadi karena alergi atau peradangan ataupun infeksi, karena dalam mendiagnosa kelainan kulit diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan pengamatan UKK (Ujud Kelainan Kulit) yang seksama guna menegakkan diagnosa. Akan tetapi hubungan seksual dapat menyebabkan iritasi pada vagina sehingga menimbulkan rasa gatal. Gatal akan menghilang tidak lama setelah hubungan seksual selesai karena yang terjadi hanyalah iritasi ringan.

Benjolan yang berupa kutil atau bintil-bintil kecil di daerah vulva (sekitar vagina) dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, diantaranya:

  1. Kondiloma akuminata (kutil kelamin)

  2. Moluscum kontagiosum (infeksi virus pox)

  3. Herpes simplex (infeksi virus herpes)

  4. Skabies (infeksi oleh kutu)

  5. Jerawat

Selain itu ada juga beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina, sebagai berikut :

  1. Kista Bartholin 
    Disebut juga "Abses Kelenjar Bartholin". Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul

  2. Fibroma 
    Merupakan tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina

  3. Lipoma
    Merupakan tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak

  4. Sarkoma
    Merupakan tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat

  5. Adenocarcinoma Bartholin
    Merupakan tumor ganas dari kelenjar Bartholin.  

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter karena dibutuhkan informasi lebih jauh mengenai ukuran, bentuk, warna, rasa nyeri, lokasi tepat, dan sebagainya.  Dari pemeriksaan fisik, Dokter dapat memperkirakan apakah benjolan tersebut ganas atau tidak. Namun untuk mengetahui secara pasti, maka benjolan tersebut harus diangkat dan diperiksa di bawah mikroskop (histopatologi). 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar