Sukses

Mencukur Bulu Ketiak

04 Feb 2015, 21:14 WIB
Pria, 25 tahun.

selamat sore dokter Apa efeknya jika kita mencukur bulu ketiak, teman saya mengatakan bisa jadi kanker .. mohon bantuannya dokter terima kasih sabar

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Masalah mencukur ketiak memang masih menjadi perdebatan. Beberapa pendapat mengatakan dengan mencukur bulu ketiak, maka di ketiak akan banyak luka kecil tak terlihat, pori-pori di daerah ketiak juga akan membesar. Hal ini memungkinkan racun dan zat kimia dari berbagai produk seperti deodoran, bedak dan krim akan dengan mudah memasuki kulit. Racun dan Zat kimia ini kemudian dapat menumpuk, dan hal ini lah yang dikaitkan dengan resiko terjadinya kanker.

Selain itu terlalu sering mencukur bulu ketiak akan membuat sel kulit yang belum siap tumbuh teriritasi. Akibat iritasi ini kulit ketiak menjadi kasar, kering, dan berubah warna menjadi lebih gelap.

Namun pendapat lain mengatakan hal sebaiknya, Tidak ada efek negatif dari mencukur rambut ketiak. Yang perlu diperhatikan adalah agar menjaganya tetap bersih. Daerah ketiak yang berambut dan tidak dicukur memang rentan untuk menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Namun, jika dijaga kebersihannya, maka baik dicukur maupun tidak daerah ketiak akan tetap sehat. Selain itu, sangat penting untuk memperhatikan cara mencukur dengan baik hingga tidak melukai daerah ketiak.

Jadi tidak ada larangan untuk mencukur bulu ketiak, hanya perlu diperhatikan cara yang baik dan benar serta jarak waktunya. Jangan terlalu sering, karena segala hal yang berlebihan tentunya tidak baik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar