Sukses

Sariawan Tiap Bulan

02 Apr 2015, 18:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau tanya. saya dari kecil sampai sekarang kenapa selalu setiap 1 bulan sekali sakit sariawan? dan sariawan muncul ketika mendekati mentruasi dan kalau setiap saya kecapekan dan banyak pikiran. bukan itu saja, setiap 1 tahun sekali saya juga selalu ke dokter kulit karena kulit tangan dan kaki sering pecah2 dan wajah sering timbul jerawat? setahun yg lalu saya rutin inj vit C kebetulan jadi jarang sakit? kenapa dengan tubuh saya ya dok? minta di beri tips juga dong dok mengenai memperkuat imun atau daya tahan tubuh saya krn saya sering sakit2an. terimakasih dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sariawan merupakan suatu kondisi yang rekuren atau dapat terjadi kembali. Penyebabnya secara pasti belum dapat ditentukan namun ada beberapa hal yang dikaitkan dengan timbulnya sariwan ini. Faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari sampai beberapa minggu.

Sariawan sebetulnya dapat sembuh sendiri, karena sifat dari kondisi ini adalah ­self-limiting. Obat-obatan untuk mengatasi SAR diberikan sesuai dengan tingkat keparahan lesi. Hal yang utama dalam pengobatan  dan menghilangkan resiko terjadinya sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut. Meskipun penyakit ini terbilang ringan, ada baiknya bila ditangani oleh dokter gigi spesialis penyakit mulut  apalagi anda mengaku sering terkena sariawan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar