Sukses

Mengantuk Saat Mengendarai Sepeda Motor

05 Feb 2015, 11:11 WIB
Pria, 23 tahun.

sore dok, saya mau tanya. mengantuk saat mengendarai sepeda motor apakah wajar dok? sedangkan istirahat saya cukup. dan ini terjadi disetiap kali saya berkendara. terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. jika rasa ngantuk berat ini mendera saat Anda mengendarai kendaraan, ini tentu saja sangat berbahaya. Tidak hanya bagi keselamatan Anda sebagai pengendara, akan tetapi juga mengancam keselamatan orang lain . Oleh karena itu, Sebagai pengendara khususnya pengendara sepeda motor seperti Anda perlu mewaspadai kondisi ini. Jangan sampai membahayakan keselamatan diri dan orang lain hanya karena memaksakan diri mengendarai kendaraan dalam kondisi lelah dan mengantuk.

Rasa ngantuk tersebut dapat timbul karena beberapa faktor, yaitu: kelelahan, kurang tidur sebelumnya, rasa bosan dan pengaruh gerakan kendaraan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah dan menghilangkan rasa ngantuk saat mengendarai sepeda motor:

  • Istirahat sejenak

Ada baiknya Anda sejenak berhenti untuk istirahat. Gerakkan badan Anda yang mulai terasa kaku karena terlalu lama duduk di atas motor. Jika perlu segarkan kondisi tubuh Anda dengan mencuci muka, makan atau minum di rumah makan.

  • Ajak teman yang dibonceng untuk ngobrol

Bisanya rasa ngantuk muncul karena Anda terlalu bosan dan sunyi dalam perjalanan. Oleh karena itu hindari menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor sendirian. Sebaiknya ajak teman, sehingga Anda punya teman yang bisa diajak mengobrol.

Namun pastikan konsentrasi Anda tetap fokus saat mengendarai kendaraan. Jangan sampai terlalu asyik ngobrol malah membuat Anda tidak waspada dalam berkendaraan.

  • Sekali-kali buka kaca helm Anda

Kondisi muka tertutup dengan kaca helm sering membuat mata terasa lelah dan kekurangan udara. Oleh karena itu, sekali-kali buka kaca penutup helm Anda untuk menyegarkan muka. Namun jangan terlalu lama dan sering, karena hal tersebut tidak aman bagi keselamatan pengendara. Buka seperlunya saja, saat Anda membutuhkan udara segar agar tidak terlalu mengantuk.

  • Mengunyah permen karet

Gerakan otot mulut dan sensasi rasa permen karet dapat meningkatkan daya konsentrasi Anda dalam mengendarai kendaraan. Karena itu, selalu kantongi permen karet saat menempuh perjalanan jauh.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar