Sukses

Neuralgia Postherpetic

05 Feb 2015, 16:28 WIB
Pria, 35 tahun.

Salam, dokter. Saya ingin menanyakan mengenai neuralgia post herpetic yang diderita ayah (ayah saya berumur 71 ketika terkena herpes, sekarang ayah saya berumur 73 tahun) saya pasca terkena herpes zoster. Rasa sakit yang dirasakan ayah saya, menurutnya seperti ditusuk ribuan jarum dengan durasi yang tidak beraturan (antara 5 menit sampai 2 jam, bahkan lebih). Pengobatan yang diberikan oleh dokter saraf yang dikunjungi berupa gabapentin dan pregabalin (yang lainnya ada juga, tapi saya lupa namanya). Yang ingin saya tanyakan, apakah ada pengobatan untuk neuralgia post herpetic yang bersifat permanen (tidak perlu lagi minum obat) atau adakah semacam krim atau gel yang bisa dipakai untuk mengurangi rasa sakit tersebut? Ayah saya sering mengeluh bahwa pengobatan yang dijalani selama ini memang sudah mengurangi rasa sakit tersebut, namun hanya sekitar 25% (menurut ayah saya).

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Neuralgia postherpetik merupakan komplikasi dari herpes zoster, yang disebabkan oleh virus cacar air. Sebagian besar kasus herpes zoster dapat sembuh dalam waktu beberapa minggu.

Risiko Neuralgia postherpetik meningkat dengan bertambahnya usia, terutama mempengaruhi orang di atas usia 60 tahun. Pengobatan yang efektif untuk neuralgia postherpetik pun sulit, dan rasa sakit dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Tidak ada pengobatan tunggal yang mengurangi neuralgia postherpetik pada semua orang. Dalam banyak kasus, mungkin diperlukan kombinasi pengobatan untuk mengurangi rasa sakit.

1. Lidocaine skin patches
Lidocaine skin patches adalah perban kecil seperti patch yang berisi, obat penghilang rasa sakit lidokain topikal. Patch ini dapat dipotong agar sesuai dengan luas daerah yang terkena.

2. Antidepresan trisiklik
Antidepresan seperti nortriptyline dan amitriptilin mempengaruhi kimia otak, yang merupakan kunci yang memainkan peran dalam depresi dan bagaimana tubuh menafsirkan rasa sakit. Dokter biasanya meresepkan antidepresan untuk neuralgia postherpetik dalam dosis lebih kecil daripada yang diresepkan untuk depresi.

3. Antikonvulsan tertentu
Obat anti kejang juga dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan Neuralgia postherpetik. Obat-obat tersebut dapat menstabilkan aktivitas listrik yang abnormal dalam sistem saraf yang disebabkan oleh saraf yang terluka.

4. Opioid penghilang rasa sakit
Beberapa orang mungkin membutuhkan resep obat penghilang rasa nyeri dengan kekuatan ekstra yang mengandung tramadol (Ultram, Ryzolt), oxycodone (Percocet), atau morfin.

Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk mengetahui penanganan lebih lanjut atas kondisi Anda saat ini.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar