Sukses

Efek samping Obat TBC

02 Apr 2015, 18:46 WIB
Pria, 31 tahun.

Gini dok, Bapak saya usianya sekitar 58 tahunan dok. Mengidap Diabetes dan TBC. sekarang sedang pengobatan TBC nya dengan oral dan suntik. tapi efeknya kok jadi mual, gak nafsu makan, lemes, dan kadang suka muntah darah dok. entah darah atau obatnya ya dok, pokoknya muntahnya itu merah dok. gimana solusinya ya dok ???

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Dalam menjalani terapi tuberkulosis, adakalanya dihadapi efek samping obat tuberkulosis. Efek samping ini jarang terjadi, jika terjadi berkonsultasilah kembali kepada dokter Anda agar dapat mendeteksinya dan mengatasinya.  Dokter akan mencoba untuk menemukan obat yang dapat ditoleransi oleh hati ayah Anda. Biasanya, obat akan dimulai lagi secara bertahap sampai ditemukan kombinasi obat yang cocok untuk penderita.

Jadi jangan berhenti berobat jika ada efek samping obat. Makanan yang baik akan meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu keberhasilan terapi. Namun untuk menjadikan kuman tuberkulosis tidak aktif, diperlukan obat tuberkulosis yang diminum secara teratur dan lamanya sesuai dengan lama terapi yang dianjurkan dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar