Sukses

Sesak Nafas dan Nyeri Saat Menarik Nafas

19 Feb 2015, 15:33 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok saya mau tanya saya punya keluhan penyakit.. akhr akhir ini saya mengalami sesek nafas ato asma tapi saya belum cek ke dkter ap penyakit sya.. saya udah sakit asma ini sekitar 4 taun lalu.. saya suka merasa susah bernafas dan kadang bisa d bilang lupa untuk bernafas dan ktika ingin menarik nafas langsung sakit dok.. susah sekali menarik nafas... kia kira saya sakit apa ya dok,, d seling itu pun saya aada keturunan sinusitis jadi terkadang kepala saya suka sakit dan karna cuaca sekrang yang dingin saya kambuh asma ini apaa ini saya asma ada hubungannya dengan penyakit sinusitis? tolong d jawab ya dok.. thanks

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sesak nafas adalah perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas.
Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung).

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

  • Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)
  • Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari
  • Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi

Penyebab kegawatdaruratan karena sesak napas dapat berupa :

  • Asma : batuk, mengi
  • Infeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napas
  • Alergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)
  • Sakit jantung (disertai nyeri dada)
  • Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahan

Untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda, dibutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter. Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang bila dibutuhkan. Dari hasil pemeriksaan dokter dapat menentukan tata laksana terhadap keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar