Sukses

Perdarahan Otak Pada Bayi

02 Apr 2015, 18:25 WIB
Pria, 36 tahun.

Dok,1 bulan lalu tepatnya tgl 30 sept '14,bayi laki2 saya yg baru berusia 1 bln 26 hari menjalani operasi pengambilan darah (disedot) di kepala sebelah kanan. Tindakan ini dilakukan setelah hasil CT Scan menunjukan banyaknya darah yg menutupi otak disebelah kanan dan mulai mendesak ke sebelah kiri (garis tengah bengkok ke sebelah kiri). Sebelum divonis ada pendarahan di kepala,sehari sebelum masuk rumah sakit bayi saya rewel seharian. Dari pagi sampai terakhir minum susu jam 23.30 hanya habis 4 botol susu (ASI),biasanya 8-10 btl/ hari @100ml,dan tidurpun tidak teratur. Pada saat jam 01.30 anak kami bangun (nangis) saat itu dia sudah nolak utk minum susu lagi. Pagi hari jam 8 saya bawa ke bidan (yg bantu lahiran) utk periksa. Hal pertama yg bidan tanyakan adalah..Kapan mulai pucat? Kapan mata yg sebelah kiri mulai menyipit? Dan dari kapan ubun-ubun nya mengeras? Dia merujuk utk dibawa ke rumah sakit. Setelah saya bawa ke rumah sakit,Dokter yg periksa juga mempertanyakan hal yg sama..sampai akhirnya mengatakan ada pendarahan di kepala. Singkatnya,tgl 14 Nov kemarin kami kontrol yg ke-2 kali pasca operasi. Dokter bedah saraf menyarankan utk melakukan CT scan ulang,dikarenakan ubun-ubunnya menutup lagi ( sy juga kurang mengerti yg dimaksud menutup seperti apa ). Yang ingin saya tanyakan,apakah dgn ubun-ubun yg menutup akan berpotensi adanya pendarahan di kepala lagi?? Utk informasi: bayi saya tidak ada history jatuh ataupun benturan yg menyebabkan adanya pendarahan di kepala. Dokter yg menangani pun belum tahu pasti sumber pendarahannya dimana/akibat apa. Demikian pertanyaan saya..mohon pencerahannya Dok. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pada kasus perdarahan otak, tidak selalu harus didahului oleh riwayat trauma atau cedera kepala. Adanya kelainan bawaan, misalnya kelainan pembuluh darah otak yang membesar dan mudah pecah bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Normalnya pada bayi sampai dengan usia 6 bulan ubun-ubun besarnya belum menutup. Dan bila terjadi perdarahan otak yang selanjutnya terjadi peningkatan tekanan dalam kepala, maka kepala anak bisa membesar sebagai kompensasinya. Namun jika telah menutup, maka tidak ada ruang atau kesempatan kepala anak untuk membesar sehingga akan mengarah pada kondisi yang berbahaya. Oleh karena itu, menutupnya ubun-ubun bukan merupakan penyebab perdarahan otak.

Sebaiknyaa anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang merawat anak anda untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai kondisi anak anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar