Sukses

Bayi Sesak Saat Menyusu

02 Apr 2015, 18:14 WIB
Pria, 31 tahun.

dok mau tanya ni!anak saya merasa megap-megap[bernapas] di saat dia minum(disusui) apa kira2 masalah nya itu dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Anak yang selalu sesak saat menyusu perlu dicurigai adanya kondisi kelainan jantung, yaitu penyakit jantung bawaan. Penyebab penyakit jantung bawaan cukup banyak, diantaranya adalah:

  • Infeksi saat kehamilan. Infeksi oleh virus, seperti rubella selama kehamilan dapat meningkatkan risiko anak mengalami penyakit jantung bawaan

  • Penggunaan obat-obatan yang membahayakan kehamilan dan penggunaan alkohol.

  • Kelainan genetik seperti sindrom Down.

Gejala penyakit jantung bawaan sangat bervariasi. yaitu;

  • Sesak Napas

Salah satu gejala dari penyakit jantung bawaan adalah sesak nafas. Sesak nafas anak bisa saja timbul saat anak bermain atau saat menyusu. Anak bisa saja terlihat kelelahan saat menyusu atau tidak kuat menyusu dalam waktu lama.

  • Mudah Lelah

Anak akan terlihat cepat lelah dan tidak dapat beraktifitas berat. Bahkan pada beberapa kasus, anak akan terlihat kebiruan jika beraktiftas berat.

  • Mudah Terkena Infeksi

Anak dengan penyakit jantung kongenital mudah terkena infeksi, khususnya infeksi saluran pernafasan. Salah satu infeksi yang cukup serius adalah infeksi paru. Anak dapat mengeluh batuk, terlihat sesah dan demam.

  • Berat Badan Anak Sulit Naik

Kesulitan anak untuk menyusu akan menyebabkan asupan gizi yang kurang. Selain itu, anak dengan penyakit jantung bawaan akan mengalami kekurangan oksigen jangka panjang yang akan mengganggu metabolisme tubuh.

Penanganan dari penyakit jantung kongenital ditentukan oleh derajat keparahan penyakitnya. Pada kelainan yang minimal tidak ada terapi khusus dan hanya dilakukan pemantauan. Namun, pada keadaan yang berat dapat dilakukan pembedahan untuk memperbaiki kerusakan jantung yang ada.  

Namun sebelumnya perlu dimengerti hal ini hanya berupa dugaan yang perlu dikonfirmasi dengan informasi lebih lanjut. Sebaiknya Anda membawa anak anda kepada dokter spesialis anak agar anak anda mendapat penanganan segera.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar