Sukses

Benjolan Di Payudara Saat Menyusui

12 Feb 2015, 13:50 WIB
Wanita, 25 tahun.

asslm.dokter, saya ibu ruma tangga usia 25 tahun..saya memiliki anak usia 10 bulan masih menyusui. 2 hari yang lalu, saya tidak sengaja meraba payudara, ada benjolan d payudara sebelah kiri.saya merasa cemas karena saya masih menyusui anak saya.pada november 2011, saya pernah menjalani operasi FAM.saya cemas akan terulang embali penyakit yang sama.yang ingin saya tanyakan, apah benjolan yang ada di payudara saya sejenis FAM atau penyumbatan saluran ASI? Apa solusinya dokter? Saya mohon penjelasan dokter.Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya ada bberapa hal yang ingin kami tanyakan. Apakah benjolan tersebut menyebabkan demam? Bagaimana warna kulit disekitarnya? Sudah berapa lama Anda menyusui?Apakah payudara terasa bengkak? 

Keluhan Anda yang sedang menyusui dimana payudara terdapat benjolan. Benjolan tersebut bisa diakibatkan karena sumbatan saluran air susu atau dapat juga disebabkan karena tumor. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah.

Bila yang terjadi adalah sumbatan saluran air susu yang tidak disertai infeksi, maka lanjutkan menyusui bayi dengan menggunakan payudara kanan dan kiri, selain itu juga memijat payudara secara perlahan-lahan agan air susu tidak menggumpal. Pijat payudara ke arah puting dan memutar. Dapat pula dibantu dengan menggunakan kompres handuk hangat. 

Apabila hal tersebut diatas sudah dicoba dilakukan dan makin bertambah sakit atau bertambah bengkak, berarti payudara Anda mengalami Mastitis, yaitu radang saluran air susu di payudara. Untuk itu biasanya diberi antibiotik dan antiradang untuk mengurangi bengkaknya. Dan selama minum antibiotik dianjurkan untuk berhenti menyusui dulu. Hal ini dapat disebabkan karena adanya luka pada puting atau penggumpalan air susu di payudara karena tidak teratur melakukan massage (pemijatan). 

Setelah tips diatas sudah Anda lakukan tetapi keluhan tidak semakin membaik, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan adar dapat diterapi dengan tepat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar